CONNECT WITH US
  • Pria Tamatan SMP Ciptakan Pembangkit Listrik Terbaru di Landak

    Bagikan:
    NELFI BAJU PUTIH BERSAMA FERY GUNAWAN MENUNJUKAN LOKASI PEMBANKIT LISTRIK GRAVITASI BUMI
    Sengah Temila (Suara Landak) -Masyarakat di Dusun Sekuap Desa Senakin Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak,  Kalbar nantinya tidak akan bergelap-gelapan lagi dikarenakan tidak ada penerangan listrik. Nantinya dusun tersebut sudah diterangi pembangkit listrik yang berbasis gravitasi bumi.

    Pembangkit listrik itu sendiri diciptakan oleh Nelfi Yondra, 45 tahun. Pembangkit listrik itu akan dibangun di Dusun Ayo Gundaleng Desa Senakin Kecamatan Sengah Temila dengan basis energi tanpa batas maksimal 1 MW.

    Menurut Nelfi, terciptanya pembangkit listrik berbasis gravitasi bumi tersebut dilatar belakangi dengan tantangan listrik yang tidak terpenuhi.

     "Berdasarkan itu saya mendapat inovasi untuk membuat sumber energi listrik yang terbarukan. Maka terciptalah pembangkit listrik berbasis gravitasi bumi yang memakai nama saya sendiri yakni, Nelfi Yondra," ujar Nelfi, Kamis (22/6) di lokasi pembangkit listrik ciptaannya di Dusun Ayo Gundaleng Desa Senakin Kecamatan Sengah Temila.

    Ia mengaku sudah melakukan kajian untuk membuat pembangkit listrik itu hampir selama 12 tahun.

    "Selama enam tahun kajian saya itu disempurnakan dan enam tahunnya lagi dalam penyempurnaan untuk legalitasnya atau pendaftaran paten. Itu sudah kami lakukan dan sudah memiliki nomor register paten di Kemenkumham RI yakni P00201703774," jelas Nelfi yang didampingi Fery Gunawan selaku penerima lisensi.

    Pembangkit tenaga listrik berbasis gravitasi bumi itu akan diaplikasikan kepada masyarakat di Dusun Sekuap Desa Senakin Kecamatan Sengah Temila.

    "Dusun tersebut hingga saat ini memang belum diterangi aliran listrik. Dusun itu letaknya sekitar 3 KM dari lokasi pembangunan pembangkit listrik gravitasi bumi ini. Saya berharap ke depannya Pemkab Landak bisa melirik pembangkit listrik gravitasi bumi tersebut," harap pria yang hanya tamatan SMP ini.

    Sementara itu, tokoh masyarakat Kecamatan Sengah Temila, H. Wahid memapresiasi usaha yang sudah diraih Nelfi itu.

     "Kita di Landak memang sudah merasakan bahwa kebutuhan listrik PLN di Landak masih kurang. Listrik masih sering dilakukan pemadaman hingga sekarang ini," ungkapnya.

    Diterangkan Wahid, baik Nelfi maupun Fery Gunawan sudah mendekati Pemkab Landak untuk membantu memuluskan rencana pembangunan pembangkit listrik Nelfi Yondra tersebut.

    "Bahkan, sebelum Ibu Karolin dilantik sebagai Bupati Landak, mereka sudah melakukan pendekatan dengan Ibu Karolin," katanya.

    Penulis: Devi
    Editor: Kundori
    Disiarkan: Radio Suara Landak 98fm
    KOMENTAR