CONNECT WITH US
  • BPS: IPM Sanggau Cenderung Membaik

    Bagikan:
    SANGGAU (Suara Sanggau) - Membaiknya Indeks Pembangunan Manusia ditingkat Kabupaten Sanggau tentunya menjadi acuan suatu keberhasilan tonggak kepemimpinan seorang kepala daerah.

    Berbagai sektor yang menjadi pusat penilaian mulai dari pendidikan,kesehatan,ekonomi dan berbagai sektor strategis lainnya menjadi penyumbang terbesar akan angka IPM suatu Kabupaten.

    “Kabupaten Sanggau saat ini berada di level yang sehat se Kalbar,"kata Alifius Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sanggau, Senin (1/8) .

    Namun rendahnya harapan pendidikan menjadi salah satu penyebab kecilnya persentase kenaikan IPM di Sanggau.

    Alipius mengungkapkan, beberapa tahun belakangan ini sistem penyajian data yang dilakukan oleh BPS sudah tidak menggunakan perengkingan.

    "Penyajian data sekarang sudah lebih mengarah pada sektor yang strategis dan digabungkan menjadi data yang lebih akurat dan mudah dicerna oleh para pemangku kepentingan,"kata Alipius.

    Alipius menegaskan, metode pembacaan tingkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang saat ini tanpa menggunakan peringkat tentunya meminimalisir kesalahan pembacaan data oleh berbagai kalangan.

    "Percuma saja peringkat naik sementara Kabupaten lain mengalami keterpurukan, itu artinya kita masih jalan ditempat, tutupnya. (Adi)

    KOMENTAR