CONNECT WITH US
  • Limbah Pabrik PT. TBS Kembayan Diduga Cemarkan Sungai

    Bagikan:
    Gambar kondisi sungai bonti Kiriman Warga Dusun Sungai Bun Desa Sejuah Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau
    SANGGAU (Suara Sanggau) - Beroprasinya pabrik pengolahan kelapa sawit milik PT. Tayan Bukit Sawit di Kembayan beberapa bulan ini dirasa sangat membantu bagi banyak petani mandiri yang kebingungan menjual hasil kebunnya.

    Sejatinya sebelum beroperasinya pabrik tersebut banyak hal yang diminta pihak terkait untuk dipenuhi oleh pemilik usaha dalam hal ini manajemen PT. TBS kembayan,  termasuk pengelolaan limbah padat serta cair yang dapat berdampak buruk bagi masyarakat dan lingkungan.

    "Kemarin saya mendapat laporan serta foto yang dikirim kesaya terkait banyak ikan mati disungai yang dekat dengan area pabrik PT. TBS Kembayan",ungkap salah satu pejabat Kecamatan Kembayan yang enggan namanya disebut.

    Dilanjutkan pejabat tersebut,  dirinya meminta kepada pihak terkait dalam kasus ini Dinas Lingkungan Hidup untuk segera memeriksa pengolahan limbah milik PT. TBS diKembayan.

    Ditempat terpisah, salah satu warga Dusun Suagai Bun yang juga takut namanya di tulis mengungkapkan dirinya terkejut melihat sejumlah ikam mati mendadak disungai yang biasa ia mencari ikan.

    "Memang kemarin banyak ikan mati di sungai Bonti ni bg, ndak tau kenak apa. Tiba-tiba mati",kata warga Dusun Sungai Bun tersebut.

    Dilanjutkan warga tersebut,  aliran sungai itu memang dekat dengan areal Pabrik milik PT. TBS Kembayan, katanya.  (Adi)


    KOMENTAR