CONNECT WITH US
  • Sidak Di Pabrik PT. TBS Kembayan, TP5K Tak Temukan Kebocoran Limbah

    Bagikan:
    Kondisi Kolam Limbah Milik PT. TBS Kembayan saat dilakukan sidak oleh Tim TP5K kabupaten Sanggau
    KEMBAYAN (Suara Sanggau) - Terkait dengan dugaan pencemaran yang dilakukan perusahaan pengolahan kelapa sawit diKecamatan Kembayan beberapa waktu lalu,  Tim TP5K Yang dibentuk Pemda Sanggau memberikan beberapa catatan.

    "Temuan kita dilokasi dugaan kebocoran yang terletak 800 meter dari kolam IPAL ternyata masih terdapat dua kolam yang kosong belum terisi limbah", Ungkap Basita Ginting.

    Dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup tersebut,  selain dua kolam yang belum terisi limbah dari total 9 kolam miliki PT. TBS, pihak pabrik juga tengah membangun 2 kolam baru untuk tambahan,katanya.

    Dilanjutkan Basita saat dilakukan pemeriksaan, tim tidak menemukan kebocoran maupun rembesan.  Namun yang ditemukan adalah tumpukan tandan kosong sawit disekitar bibir kolam nomor 3, tambahnya.

    Namun menurut Basita Timnya, memberikan beberapa catatan untuk manajemen PT. TBS kembayan yaitu perusahaan harus segera meyingkirkan tumpukan tankos di sekitar kolam nomor 3, menambah tinggi tanggul kolam penampungan,melakukan penghijauan disekitar kolam limbah,memasang nama dan nomor disetiap kolam serta rutin melakukan pemeriksaan agar kolam tetap berfungsi normal, pintanya.

    Laporan: Nikodemus Niko Kontributor SuaraSanggau.co.id Kecamatan Kembayan
    KOMENTAR