CONNECT WITH US
  • Tanggapi Sikap TBS Yang Acuh, Masyarakat Sungai Bun Siap Adakan Rembuk Bersama

    Bagikan:
    Pengurus Kampung Sungai Bun Berembuk Menyiapkan Pertemuan Malam ini
    SEJUAH (Suara Sanggau) - Berbagai upaya telah dilakukan masyarakat Dusun Sungai Bun Desa Sejuah Kecamatan Kembayan untuk menuntut pihak PT. Tayan Bukit Sawit secara Adat tentang pencemaran lingkungan,  namun berbagai hal tersebut terkesan sia-sia bila melihat sikap manajemen pabrik yang merasa kebal menghadapi masyarakat dengan berbagai bekingan yang konon secara masif dan terstruktur diberbagai tingkatan.

    Alih-Alih mendapat dukungan dari berbagai tokoh masyarakat yang satu persatu coba didatangi perwakilan masyarakat Sungai Bun,hal itu justru semakin memperkeruh suasana dengan hasil seperti kata pepatah "ada udang dibalik bakwan".

    "Memang tidak ada cara lain, masyarakat Dusun Sungai Bun harus bersatu dan kompak untuk menuntut PT. TBS Kembayan bertanggung jawab atas pencemaran air kemarin dengan cara pemagaran", Ucap Yohanes Anes perwakilan Warga pada SuaraSanggau.co.id.

    Dikatakan Anes, Sudah sekian lama PT. TBS menggantung adat yang sebelumnya mereka tuntut,  hal ini bila menurut Adat Istiadat Dayak tidak boleh.  Bila berlarut-larut diselesaikan maka apabila terjadi sesuatu kemalangan dan lain hal terhadap masyarakat Sungai Bun,  maka pihak yang dituntut harus bertanggung jawab,Kata Anes.

    Masih menurut Anes, malam ini pihaknya akan mengadakan rapat umum untuk menentukan sikap bersama seluruh masyarakat Sungai Bun. Seperti apa sikap masyarakat dan kapan pelaksanaan aksi akan ditentukan berdasarkan kesepakan bersama, karena tuntutan ini atas dasar kemauan bersama seluruh lapisan masyarakat Sungai Bun.

    Penulis  :  Nikodemus Niko
    Editor    :  Suhardi
    KOMENTAR