CONNECT WITH US
  • Akibat Pengerukan Gunung Batu Sungai Entubu Rusak Serta Keruh Dan Berlumpur

    Bagikan:
    Ini Gambar Postingan Salah Satu Warga Dusun Entubu Mengeluhkan Air Sungainya Keruh 
    Noyan (Suara Sanggau) - Sungai Entubu di Dusun Entubu Desa Noyan kecamatan Noyan Kabupaten Sanggau yang dulu jernih dan banyak dihidupi biota sungai serta menghidupi sedikitnya 120 Kepala Keluarga lebih, kini bak kolam pemandian "babi" yang penuh lumpur serta berbau tak terdapat ikan lagi.  Hal ini diduga akibat pengerukan gunung yang berisi batu di sekitaran simpang Noyan oleh perusahaan yang masih kabu-kabu.

    "Memang beberapa bulan belakangan kondisi sungai Entubu ini sudah tak bisa dikonsumsi lagi, paling hanya untuk cuci piring dan mandi alakadar,  bila untuk cuci baju nanti takut berubah warna", Ucap Rio salah satu warga Dusun Entubu pada suarasanggau.co.id yang diamini warga lain.

    Senada dengan Rio,  Alip yang juga warga Dusun Entubu mengutarakan hal yang sama terkait keruhnya  air yang merupakan kebutuhan orang banyak, katanya.

    Dihubungi terpisah, Kepala Desa Noyan Manto mengatakan sudah menerima laporan masyarakat Dusun Entubu terkait sungai yang keruh tersebut dan dirinya sudah melapor juga kepada Camat terkait hal ini.  Disinggung  mengenai perusahaan apa yang melakukan penambangan,Kades muda tersebut menduga ada aktifitas pembukaan lahan.

    Dihubungi diwaktu yang sama Camat Noyan Niko sampai berita ini diturunkan tidak memberikan respon apapun baik sms maupun telepon dari redaksi suarasanggau.co.id

    Penulis  :  Suhardi
    KOMENTAR