CONNECT WITH US
  • KPUD : 14 Parpol Di Sanggau Berhak Ikut Pemilu 2019

    Bagikan:
    Ketua KPUD Sanggau Sekundus Ritih
    SANGGAU (Suara Sanggau) - Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Sekundus Ritih menyampaikan, sebanyak 14 partai politik di Kabupaten Sanggau dinyatakan berhak mengikuti Pemilu 2019.

    “Ke-14 partai politik tersebut adalah PDIP, PSI, Golkar, Berkarya, Perindo, PAN, Hanura, Gerindra, Garuda, Demokrat, PKPI, Nasdem, PKB dan PPP. Mereka telah menerima tanda terima dari KPU hingga Selasa tanggal 17 Oktober 2017 pukul 24.00 WIB, ”katanya.

    Sementara, untuk partai yang mendaftar tetapi tidak mampu menyertakan dokumen KTA dan E-KTP sampai batas akhir yang ditentukan adalah Partai Indonesia Kerja (PIKA). Sementara Partai yang tidak hadir dan menyerahkan dekumen KTA dan E-KTP serta lampiran F2 sampai batas akhir jam 24.00 WIB adalah Partai Suara Rakyat Indonesia (Parsindo).

    Dikatakanya, untuk partai lama, PKS satu-satunya partai yang belum bisa menenuhi persyaratan sesuai sistem informasi partai politik (Sipol).

    Berdasarkan SK KPU RI nomor 165/HK.03.1-Kpt/03/KPU/IX/2017 tentang jumlah Kabupaten/Kota dan Kecamatan serta jumlah penduduk setiap Kabupaten/Kota disetiap Provinsi, untuk Kabupaten Sanggau ditetapkan sebanyak 482 anggota.

    “Sampai batas akhir pengimputan data Sipol itu, PKS itu hanya mampu mengimput sebanyak 277 anggota sehingga tidak memenuhi syarat untuk mengikuti Pemilu 2019 mendatang, ” katanya.

    Sementara PIKA, hanya memiliki lampiran daftar nama, tetapi mereka tidak bisa menunjukkan bukti KTA dan E-KTPnya.
    Ia menambahkan, ada dua partai yang terakhir mendapatkan tanda terima (TT), yaitu PKB dan PPP. Sementara PIKA juga datang terakhit setelah diminta KPU tetapi tidak bisa menunjukan salinan KTA dan E-KTP.

    Setelah menerima berkas, KPU selanjutnya akan melakukan verifikasi faktual.

    “Waktunya satu bulan untuk kita verifikasi, untuk kita mencocokkan, nanti juga ada masa perbaikan lagi. Pentingnya nanti pada saat penetapan parpol peserta pemilu 2019 yang akan diumumkan tanggal 17 Februari 2018 nanti, dan pada tanggal 18 Februari itu pencabutan nomor urut partai, ” pungkasnya.

    Penulis  :  Redaksi
    KOMENTAR