CONNECT WITH US
  • Rencana Protes Warga Sungai Bun Dipastikan, Dihadang Keamanan Eksternal PT. TBS

    Bagikan:
    KEMBAYAN (Suara Sanggau) - Rencana Protes yang ditempuh masyarakat Dusun Sungai Bun Desa Sejuah Kecamatan Kembayan dengan menggelar aksi terhadap pencemaran Sungai Bonti oleh Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit milik PT. Tayan Bukit Sawit nampaknya akan berbenturan hebat dengan pihak keamanan eksternal perusahaan tersebut yang dalam hal ini di ambil oleh Dua lembaga Adat sekaligus yaitu Dewan Adat Dayak Kecamatan Kembayan serta Majelis Adat Budaya Melayu Kecamatan Kembayan.

    Hal terlihat dari keputusan rapat antara kedua lembaga tersebut dengan Pimpinan PT. Tayan Bukit Sawit di Pontianak beberapa bulan lalu yaitu notulen rapat yang mencantumkan beberapa kesepakatan diantaranya Poin Nomor Empat yang berbunyi "Dewan Adat Dayak dan Majelis Adat Budaya Melayu bertanggung jawab atas keamanan dan ketertiban diwilayah operasi PT. Tayan Bukit Sawit demi kelangsungan operasional yang berjalan dengan baik dan mendapatkan hasil yang maksimal".

    "Siapapun yang kita hadapi saya minta masyarakat Sungai Bun tetap bersatu dan tetap berpegang teguh dengan putusan Adat yang menyangsi TBS kemaren",Ucap Yohanes Anes pada Suarasanggau.co.id.

    Dikatakan Anes, saat ini pihaknya tengah menyusun serta mematangkan rencana dengan berbagai unsur di Sungai Bun untuk memilih cara yang elegan untuk menuntut pihak PT. TBS Kembayan.

    Dilanjutkan Anes,  Sikap TBS yang acuh dengan berbagai pihak di Kembayan sepertinya dikompori oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Suku dan Golongan sehingga mereka terkesan berani dan kebal terhadap apa yang dikatakan masyarakat, Katanya.

    Dihubungi terpisah,  Ketua DAD Kembayan Yosep Andi membenarkan terkait poin empat kesepakatan Pontianak tersebut dan mengiyakan bila DAD bertanggung jawab atas keamanan dan ketertiban dilingkungan PT. TBS Kembayan.

    "Memang benar sesuai dengan kesepakatan Pontianak surat itu benar adanya, dan surat itu ada kok di Kepolisian",Ucap Yosep Andi saat di hubungi suarasanggau.co.id.

    Penulis : Suhardi
    KOMENTAR