CONNECT WITH US
  • Atas Nama PemProv Bupati Sanggau Resmikan Gedung Baru BPD Kembayan

    Bagikan:
    Atas Nama Pemprov Paolus Hadi Resmikan BPD Kembayan
    KEMBAYAN  (Suara Sanggau) - Prosesi Peresmian Gedung Kantor Bank Kalbar Cabang Pembantu Kembayan, pada Selasa (07/11/2017) berjalan dengan baik sesuai harapan bersama, dan kehadiran Bank Kalbar tersebut sangat disambut positif baik oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah Kabupaten Sanggau serta masyarakat setempat khususnya masyarakat Kecamatan Kembayan.

    Dalam Kesempatan tersebut Bupati Sanggau Paolus Hadi Mewakili Gubernur Kalbar pada peresmian gedung kantor Bank Kalbar Cabang Pembantu Kembayan, dalam sambutannya mengatakan bahwa atas nama pemerintah provinsi maupun Kabupaten Sanggau,  mengucapkan selamat kepada manajemen Bank Kalbar atas peresmian gedung kantor tersebut dan dengan kehadiran Bank diharapkan dapat memberikan manfaat dan dampak positif terhadap masyarakat.

    Selanjutnya harapan agar etos kerja serta budaya kerja para pegawai bank semakin lebih baik untuk peningkatan kinerja Bank Kalbar cabang pembantu Kembayan. lebih lanjut, Peristiwa ini dengan ditandanya peresmian gedung kantor Bank Kalbar cabang pembantu kembayan ini menunjukkan bahwa pemerintah daerah baik provinsi Kalimantan maupun kabupaten sanggau memiliki komitmen yang tinggi dalam modernisasi pelayanan di bidang perbankan, dalam hal ini Bank Kalbar dan pada akhirnya diharapkan dapat mendorong perkembangan perekonomian masyarakat di Kalimantan Barat pada umumnya dan Kecamatan Kembayan  Kabupaten Sanggau khususnya.

    Disamping itu, Bank Kalbar terus melakukan revolusi melalui inovasi produk dan modernisasi jasa layanan perbankan yaitu : pertama, aspek produk simpanan, Bank Kalbar telah memiliki tabungan berjangka yang dilengkapi fitur asuransi seperti tabungan bekal dan siswa. 
    Bank Kalbar juga telah memberikan perlindungan asuransi kepada nasabah tabungan Taserna. 

    Kedua, Aspek produk pinjaman Bank Kalbar telah ditunjuk oleh Kementerian Koperasi dan UKM sebagai salah satu dari dua Bank Pembangunan Daerah selaku bank pelaksana KUR (kredit usaha rakyat) yang memperoleh subsidi bunga dari pemerintah Republik Indonesia sehingga suku bunga pinjaman yang dikenakan akan lebih rendah dibandingkan bank lainnya. Bank Kalbar juga telah meningkatkan suku bunga kredit pengadaan barang dan jasa menjadi 11,5 persen. 

    Ketiga, Aspek jasa layanan perbankan, Bank Kalbar sudah menempatkan mesin setoran tunai atau CDM sehingga nasabah Bank Kalbar dapat melakukan setoran diluar jam kerja dan Bank Kalbar juga telah menerbitkan produk uang elektronik berupa kartu debit, kartu kredit dan kartu flazz  Bank Kalbar.
    Berkenaan dengan itu, Bupati Sanggau mintakan kepada masyarakat Kembayan dan sekitarnya untuk memanfaatkan produk-produk dari Bank Kalbar serta menempatkan dana di Bank Kalbar mengingat dana tersebut akan dikembalikan kepada masyarakat Kalbar berupa pinjaman untuk permodalan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam rangka mendorong kesempatan kerja untuk mengurangi pengangguran di Kalbar khususnya di kabupaten Sanggau.

    Selanjutnya dana yang ditempatkan pada Bank Kalbar juga akan dikembalikan Bank Kalbar kepada masyarakat berupa dana bantuan sosial melalui program CSR dan dalam bentuk PAD melalui deviden yang dibagikan kepada seluruh pemegang saham.
    Pada kesempatan tersebut Bupati Sanggau juga mengajak masyarakat, para pemilik modal, baik di bidang perdagangan, perkebunan, pertambangan, kontraktor, usaha mikro kecil dan menengah, restoran, maupun bidang usaha angkutan untuk segera memanfaatkan produk Bank Kalbar yaitu menabung dan mengambil kredit di Bank Kalbar serta fasilitas produk lainnya, partisipasi ini akan membesarkan Bank Kalbar, ungkapnya.

    Selanjutnya keuntungan operasional berupa laba akan dibagikan kembali kepada pemerintah provinsi maupun Pemerintah kabupaten dan kota sebagai pemegang saham dalam bentuk deviden yang disetorkan ke kas daerah dan digunakan sebagai salah satu sumber dana untuk membangun daerah.

    Bupati juga meminta kepada para kepala perangkat daerah untuk bertransaksi melalui Bank Kalbar serta bermitra dengan Bank Kalbar sehingga Bank Kalbar bisa lebih baik lagi. Sedangkan kepada pihak Bank Kalbar, Bupati berharap agar kedepannya gedung kantor Bank Kalbar cabang pembantu dapat dibangun di setiap kecamatan yang ada di kabupaten sanggau hal tersebut guna membantu masyarakat dalam mengelola keuangan keluarganya, mendapat modal usaha supaya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat kearah yang lebih baik lagi.

    Direktur Utama PT Bank Kalbar Samsir Ismail dalam sambutannya melaporkan bahwa pembangunan gedung cabang pembantu Kembayan merupakan bukti kepedulian dan komitmen untuk membangun daerah Kalimantan Barat pada umumnya dan Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau pada khususnya, dimana kantor cabang pembantu Kembayan beralamat di Jalan Kembayan Nomor 57 Kecamatan Kembayan, mulai beroperasional sejak tanggal 1 September 2008, pembangunan gedung kantor baru Bank Kalbar cabang pembantu Kembayan di Jalan Raya Kembayan Nomor 12, RT:20/RW:07 Desa Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau Provinsi Kalimantan Barat ini diatas tanah seluas 443 meter persegi dengan luas bangunan 304,4 meter persegi  (dua lantai) dengan menelan biaya sebesar Rp 2.203.000.000 yang dikerjakan oleh kontraktor PT Rantau Kapuas Hulu dalam kurun waktu lebih kurang 6 bulan dan dapat diselesaikan dengan baik sebagaimana yang kita saksikan saat ini.
    pemerintah provinsi selaku pemegang saham mayoritas Bank Kalbar setelah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan melalui surat nomor S-230/KO.091/2016 tanggal 29 Agustus 2016 perihal pemindahan alamat kantor cabang pembantu Kembayan dan pada tanggal 19 September 2016 aktivitas operasional telah dilakukan di gedung kantor yang baru ini.

    Berikut dengan kondisi gedung kantor yang baru ini diharapkan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan memudahkan masyarakat Kecamatan Kembayan dan sekitarnya untuk bertransaksi dan dapat memanfaatkan produk dan jasa Bank Kalbar yang ada. Dimana dengan kondisi yang tidak panas, nyaman dan aman dimohon agar masyarakat semakin banyak menggunakan produk dan jasa Bank Kalbar serta melakukan transaksi keuangan dengan Bank Kalbar, baik untuk menyimpan uang maupun mendapatkan pinjaman atau pembiayaan, sehingga diharapkan perekonomian masyarakat semakin meningkat, selain itu juga akan meningkatkan pendapatan Bank Kalbar yang juga akan meningkatkan deviden yang akan diterima pemerintah daerah selaku pemegang saham. Dan deviden tersebut merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang disetorkan ke kas daerah dan digunakan sebagai salah satu sumber oleh pemerintah daerah untuk membiayai pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kalbar dan daerahnya masing-masing.

    Selanjutnya dari sekian banyak jenis produk tabungan bank Kalbar terdapat satu produk unggulan saat ini ialah TASERNA (tabungan serba guna) yang telah disertai dengan Asuransi accident dengan minimal saldo Rp100.000 maka secara langsung akan dicover dengan Asuransi accident, pungkasnya.

    Hadir pada acara peresmian, Bupati Sanggau, Ketua DPRD kabupaten Sanggau Jumadi,S.Sos, beserta Wakil Ketua dan Anggota DPRD kabupaten sanggau, beberapa Kepala OPD propinsi maupun kabupaten sanggau, Rektor IKIP PGRI sekaligus ketua PGRI Kalbar Prof. Dr.H. Samion H.Ar.M.Pd,  Direktur Utama Bank Kalbar Samsir Ismail, kepala kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat Dwi Suslamanto, kepala kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Kalimantan Barat. Forkopimda Kabupaten Sanggau, Forkompimda Kembayan.

    Penulis : Sukardi
    Editor   :  Suhardi
    KOMENTAR