CONNECT WITH US
  • Didesak Masyarakat Dinas Kesehatan Sanggau Lakukan Fogging

    Bagikan:
    Petugas Siap Lakukan Fogging di Desa Tanjung Merpati
    Kembayan (Suara Sanggau) - Tak ingin acaman nyamuk Aedes aegypti penyebar virus demam dengue atau demam berdarah memakan korban, melalui pemerintahan Desa Tanjung Merpati masyarakat desak Dinas Kesehatan Sanggau lakukan fogging.

    Desakan masyarakat tersebut akhirnya terjawab dengan dilakukannya fogging sejak Sabtu, 11 November 2017 lalu.
    "Fogging dari Dinas Kesehatan Sanggau ini sudah sejak Sabtu kemarin, namun obatnya terbatas sehingga prioritas target hanya tujuh rumah saja. Hal ini tentu belum memenuhi harapan masyarakat sehingga dengan sukarela masyarakat bersedia secara swadaya mengumpulkan dana untuk membantu membeli solar sehingga fogging bisa dilanjutkan ke rumah-rumah penduduk lain", terang Nandar Kadus Serambai Desa Tanjung Merpati Kepada SuaraSanggau.co.id, Minggu (12/11/2017).

    Nandar menambahkan, kesadaran masyarakat tinggi maka yang bertugas melakukan fogging pun langsung para perangkat desa. Untuk membeli solar kami mendapat dukungan dari masyarakat secara sukarela memberikan bantuan dana, tambahnya.

    Salah satu warga Serambai yang enggan menyebut namanya membenarkan apa yang disampaikan kadus Serambai, bantuan obat untuk fogging memang cukup dari Dinas Kesehatan Sanggau, namun solarnya hanya 100 liter saja, pastilah kurang sehingga kami secara swadaya mengumpulkan dana membeli solar sehingga fogging sejak Sabtu kemarin hingga rencananya berlanjut sampai semua rumah di Desa Tanjung Merpati diasapin semua kayak gini (Fogging-Red), ungkapnya.

    Kades Tanjung Merpati Sirojudin menyarankan agar sebelum fogging warga mengamankan rumahnya masing-masing dan mendampingi petugas yang melakukan fogging.
    "Hari Sabtu kegiatan fogging masih sekitaran Dusun Tanjung Periuk. Warga bersiap sedia untuk menerima petugas pogging. Makanan harap disimpan di wadah yang tertutup dan segala binatang ternak harap diungsikan. Rumah dikosongkan pada saat fogging", Sarannya.

    Fogging atau penyemprotan insektisida untuk membasmi nyamuk demam berdarah ini memang sangat diharapkan karena tindakan pengasapan atau fogging ini menjadi andalan untuk membasmi nyamuk Aedes aegypti penyebar virus demam dengue, karena itu masyarakat Kembayan sangat berharap Dinas Kesehatan segera juga melakukan Fogging ini ke desa-desa lainnya, tidak harus menunggu ada korban jiwa atau penetapan kejadian luar biasa (KLB) terkait kasus demam berdarah dengue (DBD).

    Penulis : Nikodemus Niko
    Editor   : Suhardi
    KOMENTAR