CONNECT WITH US
  • Melayu Sekayam Adakan Acara Mandi Syafar Dan Robo-Robo

    Bagikan:
    Acara Robo-Robo di Balai Karangan
    SEKAYAM (Suara Sanggau) - Untuk pertama kalinya Acara Robo - Robo dilaksanakan di Balai Karangan, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Robo-Robo adalah kebiasaan Masyarakat dengan datangnya bulan Syafar.

    Upacara Robo-Robo ini bersifat historis dan memiliki nilai sejarah karena acara Robo-Robo adalah acara yang sangat penting untuk di kenang dalam sejarah khususnya kerabat Keraton.

    Acara Robo-Robo juga memiliki nilai religius di mana dalam upacara Robo-Robo kini tentu saja bersifat khususnya keagamaan Islam Nusantara. Di mana dalam acara ini semua Masyarakat memohon kepada Allah SWT, Tuhan Yang Esa untuk keselamatan dan di jauhkan dari bencana dan bersifat kepercayaan .

    Dalam artian Masyarakat di sekitarnya sudah siap dipelihara keselamatan atau berdoa tolak bala dengan makan - makan berami.

    Upacara Robo - Robo  diselenggarakan di pinggir Sungai Sekayam di Balai Karangan. Prosesi Budaya mandi Syafar atau mandi daun Sabang dilaksanakan langsung oleh Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara Drs Gusti Arman untuk memandikan kepala pemangku adat ataupun Masyarakat Sekayam.

    Sebelum melakukan ritual mandi Syafar, terdahulu air yang digunakan diberkati atau dengan ritual dan Doa. Prosesi berikutnya adalah uacara Buang - Buang yang biasanya di laksanakan Hada Dhuhur yang dilakukan pemangku Adat mengumandangkan Adzan yang disusul dengan membacakan Doa Tolak Bala.

    Hadir Dalam acara tersebut Raja Sanggau, Drs H Arman MSi., Raja Tayan Gusti Yusri SH., Wakil Bupati  Sanggau Drs Yohanes Ontot MSi., Ketua GOW Sanggau Kusbriah Ontot, Danramil Sekayam Mayor Arman SL., Kapolsek Sekayam AKP Suparwoto., Camat Sekayam Mangaranap Siahaan SH., Camat Entikong Drs.Suparman, ketua Kadin  Sanggau Nur Kurniawan., Kepala Perwakilan Bank KalBar, JNE dan para undangan serta Masyarakat.

    Penulis  :  Libertus
    Editor    :  Suhardi
    KOMENTAR