CONNECT WITH US
  • Warga Kembayan Keluhan PLN Sering Byar Pet

    Bagikan:
    Kembayan (Suara Sanggau) - Pemadaman listrik (byar pet) secara mendadak tanpa pemberitahuan sebelumnya tentu jadi permasalahan bagi konsumen wilayah Kembayan dan sekitarnya. Hal ini pasti jadi keluhan, mengingat usaha konsumen yang menggunakan listrik jadi terhambat bahkan merugi.

    Keluhan-keluhan hal byar pet ini dilontarkan konsumen melalui grup WA Seputar Kembayan kepada Kepala Kantor Jaga PLN Kembayan Sidik Widiantoro yang tak enggan menanggapi keluhan tersebut.
    "Ada apa dengan listrik ni pak Sidik? Mati trus!", tanya taufik.
    "Makin sering mati, makin besar tagihannya" keluh Selinus.
    "Adakah pemberitahuan jadwal pemadaman listrik Pak Sidik?" tanya Niko.

    Menjawab pertanyaan konsumen tersebut Sidik Widiantoro menjelaskan bahwa ini bukan pemadaman, namun pihak PLN sedang melakukan perbaikan jaringan.

    "Jam 3 sore tadi BLACK OUT sistem Sanggau dari arah Semuntai sampai jam setengah 6 baru bisa nyala untuk Kembayan, yang sekarang informasi dari Sanggau gangguan jalur utama di Bodok sedang dikerjakan oleh petugas Parindu", jelas Sidik, Minggu (17/12/2017) sore.

    "Kok gangguan trus,...Pelayanan harusnya ditingkatkanlah", usul Taufik

    "Pelayanan sudah kami tingkatkan, cuma kendala cuaca hujan angin kuat di daerah Bodok" jawan Sidik.

    Sidik melanjutkan, selain gangguan jaringan, penyebab byar pet selalu terjadi di Sanggau karena adanya tanam tumbuh masyarakat di jaringan listrik yang mengganggu.

    "Gangguan yang masih sering terjadi diakibatkan gangguan temporer akibat tanam tumbuh warga masih dekat dengan aliran listrik. Untuk tanam tumbuh yang tidak diperbolehkan oleh warga dan menuntut ganti rugi belum bisa dieksekusi karna dana untuk ganti rugi dari vendor (Yantek) itu tidak ada
    kalau hanya dipangkas bulan depan mungkin sudah dekat lagi, jadi tindakan kami ditebang habis", ungkapnya.

    Dijelaskannya, kalau pasokan listrik dari Sanggau aman, terkecuali PLTU operasi normal (tidak terjadi troble). Jika PLTU bermasalah kemungkinan suplay listrik untuk Kembayan sebagian diambil alih dari Balai Karangan. "Kondisi mesin di Balai sedang teoble 4 unit, 2 unit sedang Over Houl, 2 unit lainnya menunggu penggantian relay", paparnya.

    Penulis: Nikodemus Niko
    Editor: Kundori
    KOMENTAR