CONNECT WITH US
  • Awal Tahun Askep PT. KGP Rakor dengan Petani

    Bagikan:
    SUASANA RAKOR PERUSAHAAN DENGAN PETANI
    Kembayan (Suara Sanggau) - Awal tahun 2018, Elizar Susanto Estate Manager KBE PT. KGP menggelar rapat koordinasi kerja kelompok tani plasma wilayah Tanap di Kantor Divisi III/XI KBE,  Sabtu (20/1/2018) pagi.

    Rapat koordinasi ini dihadiri para Asisten Divisi KBE, Pengurus KUD Semegah, Pengurus UUO STT, Kepala Dusun Tapang Raya, Kadat Tanap, Ketua RT, Mandor serta anggota petani plasma.

    "Kebun plasma PT. KGP yang menjadi wilayah pengelolaan saya saat ini luasnya 2.224Ha (Tanjung Pinang, Munying, Tanap, Ngoyok, Semadu, Sebuduh,  Sekumpai, Langsat dan Engkasan) dan kebun inti dengan luas kurang lebih 3000Ha, Sehingga totalnya ada kira-kira 5.000Ha", papar Elizar Susanto.

    Dalam pertemuan tersebut Elizar Susanto menyampaikan program kerja PT. KGP tahun 2018.

    "Ada tiga program kerja kita di tahun 2018 ini, yakni pembuatan dan perbaikan jalan, jembatan dan titi panen", paparnya.

    Elizar menambahkan, saat ini pengerjaan jalan dari Tanap ke Ciran sedang kita laksanakan dan saat ini jalan sudah dibuka dari Tanap sampai ke Sekumpai. Tujuan pembuatan jalan ini agar akses pengiriman buah menuju pabrik menjadi "satu pintu", sehingga lebih aman, jelasnya.

    Elizar juga menyampaikan adanya rencana pengelolaan kelompok, diminta pengurus kelompok "OPEN" (terbuka-Red) terhadap anggotanya. Dimana kita tahu ada banyak masalah dalam kelompok,  adakan pertemuan evaluasi dan membahas program kerja sekali dalam setiap bulan, sarannya.

    Terkait tingkat pencurian yang tinggi, Elizar juga akan membuat ketetapan jadwal panen agar tertib, dengan maksud apabila ada yang panen di luar jadwal tersebut maka kuat dugaan adanya panen ilegal. Hal ini sebagai salah satu bentuk kontrol kita, ujarnya.

    Ia melanjutkan, dengan diaturnya jadwal panen tersebut, maka bagian transfortasi juga akan dibuat terjadwal.

    Di akhir pertemuan tersebut Elizar mengharapkan, program yang kita paparkan tersebut bisa terlaksana dengan baik apabila ada kerjasama dan dukungan semua pihak terkait, pintanya.

    Penulis: Nikodemus Niko
    Editor: Mimi

    KOMENTAR