CONNECT WITH US
  • Kantor CU KK dan K77 Kembayan Diresmikan

    Bagikan:
    PERESMIAN KANTOR CU KELING KUMANG
    Kembayan (Suara Sanggau)  - CU. Keling Kumang (CU KK) dan Koperasi Tujuh-Tujuh (K77) kini sudah hadir di Kecamatan Kembayan. Hal ini ditandai dengan peresmian dan pemberkatan kantor baru yang beralamat di Dusun Tapang Raya Desa Tanap Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat, Kamis (11/1/2018) Jam 08.00 Wib.

    Sebelum prosesi peresmian oleh Camat Kembayan, acara diawali dengan pemberkatan karyawan serta kantor CU KK dan Unit K77 oleh Pastor Georgius, OFM. Cap.

    Hadir dalam acara ini Camat Kembayan, Camat Beduai, Kapolsek,  Danramil,  Kades, CU Mitra, serta para tokoh masyarakat dan tamu undangan yang berjumlah sekitar 50 orang.

    Kantor CU KK dan Unit K77  merupakan bagian dari Keling Kumang Group (KKG) dengan badan hukum Perkumpulan berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI No AHU-0066819.AH.01.07.TAHUN 2016 dan No Registrasi: 6016062961106189, 29 Juni 2016.
    KKG didirikan pada 7 Juli 2014 oleh Unit Bisnis CUKK, YKK, K-52, K77.

    Dalam sambutannya CEO CU Keling Kumang Valentinus, S.Sos., M.M mengatakan CU KK saat ini sudah memiliki 62 Kantor dan K77 saat ini baru unit yang ketiga.

    "Kantor CU KK dan K77 Kembayan ini merupakan pecahan dari Kantor CU KK Balai Karangan yang dibuka pada tahun 2013 dengan aset 6,5 Milyar", paparnya.

    Ia melanjutkan, walau kantor CU KK Kembayan baru diresmikan, namun anggotanya kini sudah ada 89 orang dengan aset 800 juta. Sejak tahun 2015-2017 merupakan masa bagi CU KK untuk fokus mengembangkan anggota dan saat ini sudah ada 96 Kelompok usaha yang kita bina, paparnya.

    Di akhir sambutannya Valantinus tak lupa mengucapkan terimakasih kepada Camat Kembayan karena sudah mengijinkan CU KK untuk membuka kantor di Kembayan.

    Sebelum memberikan sambutan MD KKG Yohanes RJ, S.Pd., M.M terlebih dahulu memperkenalkan Manager CU KK dan K77 Kembayan Lorensius Doben, berasal dari Pahuman.

    "Pembukaan dan peresmian kantor CU KK dan Unit K77 Kembayan ini kita memulai dengan kesederhanaan, dan kedepannya bisa menjawab kebutuhan masyarakat dengan pelayanan maksimal", harapnya.

    Yohanes melanjutkan, sejak tahun 2012 kami telah bertransformasi menjadi sebuah group. Kita tidak hanya koperasi kredit saja atau yang biasa disebut CU (Simpan Pinjam),  namun ada K77 (Koperasi Produksi), Yayasan SMK KK, Perhotelan, transportasi (Koperasi Jasa) dan K52 (Koperasi Konsumsi).

    "Kembayan ini adalah daerah perbatasan, sehingga kami menyiapkan juga pendampingan terhadap anggota berupa Sekolah Lapang bagian untuk mengembangkan K77. K52 bagian pemasaran dan sekarang sudah ada 10 outlet. Target kita di tahun 150.000 petani,
    koperasi jasa bergerak di bidang perhotelan dan transportasi. Kita juga punya sekolah SMK Keling Kumang dan kita harapkan akan mendirikan universitas dan Target 2028 kita akan membuka 13 unit usaha. Karena itulah kami berprinsif kalau program mau sukses ada tiga hal yang kita lakukan yang pertama adalah bantu usahanya, lakukan pendampingan dan siapkan pemasarannya", terangnya.

    Dalam kesempatan yang sama Ketua Keling Kumang Group Mikael, SH, MA meyampaikan, sudah banyak hal yang kita lakukan, yang menjadi pondasi bagi kita yaitu Lima Pilar CU yang terdiri dari Pendidikan, Swadaya, Saolidaritas, Inovasi dan persatuan dan persatuan.

    Saat ini dengan 180.000 anggota, CU KK  menyediakan pelayanan keuangan yang beranggungjawab dan berkelanjutan untuk mengentaskan kemiskinan.

    Tak lupa Pak Mikael mengucapkan Terimakasih kepada pemerintah Kecamatan Kembayan yang sudah mendukung berdirinya CU KK di Kembayan.

    "Dengan dibukanya CU KK tidak bermaksud kita bersaing,  namun bagaimana kita bekerjasama dan saling bersinergi. Prinsipnya adalah bagaimana kita sama-sama memberdayakan anggota dan kegagalan dalam usaha sebelumnya tidak perlu ditunggu terus-menerus, namun bagaimana kita mewujudkan keberhasilan", paparnya.

    Sebelum prosesi pengguntingan pita dalam sambutannya Camat Kembayan Drs. Inosensius Nono mengatakan, kehadiran CU KK bisa menambahkan investasi masyarakat Kembayan.

    "Saat ini sudah ada 7 CU yang ada di Kembayan, ini merupakan investasi seluruh masyarakat Kembayan sehingga kesejahteraan masyarakat semakin baik", harapnya.

    Camat Kembayan juga berharap, CU KK bisa segera membangun kantor sendiri sebagai bentuk upaya komitmen nyata kehadiran CU KK bagi anggota dan masyarakat Kembayan.

    "Kembayan merupakan penyangga lima Kecamatan lainnya (Noyan, Balai Sebut, Beduai,  Sekayam dan Tayan Hulu - Red). Ada sekitar 40-60% masyarakat di lima kecamatan tersebut belanja di Kembayan. Kami bersyukur bertambah satu lagi CU sebagai pemicu pertumbuhan ekonomi masyarakat. Ada 6 perusahaan perkebunan di Kembayan, yang sudah pasti transaksi moneternya ada di Kembayan. Kami berharap peluang-peluang usaha lain misalnya untuk perhotelan dan sekolah baru didirikan oleh CU KK, sehingga menjadi daya tarik tersendiri", harapnya.

    Penulis: Nikodemus Niko
    Editor: Kundori

    KOMENTAR