CONNECT WITH US
  • Pemdes Tanap Himbau Warga Jangan Buang Sampah Sembarangan

    Bagikan:
    PEMERINTAHAN DESA PASANG TULISAN DILARANG BUANG SAMPAH
    Kembayan (Suara Sanggau) - Sesuai perintah Camat Kembayan Drs. Inosensius Nono via telpon kepada Kepala Desa Tanap, Jumat (19/1/2018) pagi, Kedes Tanap beserta perangkatnya mengadakan kerja bakti membersihkan tumpukan sampah yang berserakan di pinggir jalan raya Tanjung - Kembayan (Lintas Malindo), Dusun Tanap Desa Tanap Kecamatan Kembayan, Sanggau.
    Perintah camat tersebut terkait adanya pembuangan sampah sembarangan sehingga tumpukannya berpotensi akan meluber ke pinggir jalan.

    "Pak camat meminta kami untuk membakar tumpukan sampah yang di pinggir jalan raya Tanjung-Kembayan Dusun Tanap, namun karena sampah tersebut masih basah pembakaran tidak bisa kami lakukan, karena itu kami hanya membuat pagar dan tulisan larangan membuang sampah", ungkap Kades Tanap Bewianus, S.Th, kepada SuaraSanggau.co.id.

    Pak Bewianus menambahkan, tumpukan sampah ini menyebarkan aroma tak sedap, sehingga pengguna jalan yang lewat pasti mengeluhkan adanya bau busuk saat melintasi jalan tersebut. Oleh karena itu sesuai intruksi Camat Kembayan, kami berupaya untuk membakar sampah tersebut, namun karena masih basah pembakaran sampah tidak dapat kami lakukan.

    Dengan kondisi ini, Pemerintahan Desa Tanap menghimbau kepada masyarakat di Kecamatan Kembayan, jangan lagi membuang sampah sembarangan, himbau Kades Tanap.

    Himbauan kades Tanap tersebut dibenarkan oleh Kadus Tanap Dominggus Duly, tumpukan sampah tersebut jelas sangat mengganggu karena bau busuknya, namun juga sangat merusak keindahan dan kebersihan kampung Tanap yang berada di jalan lintas antar negara Indonesian - Malaysia. Karena itu ia meminta masyarakat jangan lagi membuang sampah di tempat tersebut.

    Ia juga mengharapkan pihak Kecamatan Kembayam menyiapkan TPA (Tempat Pembuangan Akhir)  yang lokasinya tidak berada di pinggir jalan lintas negara, sehingga sampah yang ada bisa terkumpul dan diupayakan pembakarannya dan tidak mengganggu pengguna jalan.

    "Sampah tidak bisa dibakar karena basah, kalaupun dibakar maka asapnya mengganggu pengendara yang lewat di jalan tersebut,  oleh karena itu pihak Kecamatan Kembayan kedepannya harus mengupayakan untuk menyiapkan TPA di tempat lain sehingga tidak ada lagi yang membuang sampah di pinggir jalan negara", ujar Dominggus.

    Dominggus menambahkan,  apabila ada warga atau siapapun juga yang membuang sampah di tempat yang sudah kami buat tanda larangan maka jika ketahuan akan kami tindak dan beri sanksi sesuai hukum adat yang berlaku, karena ini ada unsur kelalaian dan kesengajaan dan apabila ada warga yang mengetahui silakan laporkan kepada kami", tegasnya.

    Penulis: Nikodemus Niko
    Editor: Kundori
    KOMENTAR