CONNECT WITH US
  • PT. BKP Bayar Ganti Rugi Tanah Bendot, Polemik Selesai

    Bagikan:
    Beduai (Suara Sanggau) - Permasalahan penggusuran tanah seluas 0,8 Ha di blok L 28 milik Pak Bendot oleh PT. Borneo Ketapang Permai (BKP) Kebun Beduai tanggal 28 Agustus 2017 lalu kini sudah selesai.

    Pihak PT. BKP akhirnya bersedia membayar ganti-rugi tanah Mitius Bendot senilai Rp. 26.400.000,- yang diserahkan oleh Manajemen Pengembangan PT. BKP Peri Maraganti Pangabean di Kantor Kebun PT. BKP disaksikan ahli waris pemilik tanah, Rabu (14/2/2018).

    "Pembayaran ganti-rugi lahan Bendot sebesar Rp. 26.400.000,- sesuai hasil putusan pada hari Senin tanggal 2 September 2017 dan sebelumnya juga kita sudah menyerahkan pembayaran adat kesalahan pengusuran tanah dengan jumlah adat 8 buah", terang Peri.

    Peri megatakan, kita sudah tempuh upaya kekeluargaan dan yang kita lakukan merupakan bentuk menghargai kearifan lokal yang berlaku di wilayah tanah adat setempat.

    "Ini memang bukan sepenuhnya kesalahan Pihak PT. BKP, melainkan ada oknum warga Selabe yang diduga berinisial D telah menjual tanah milik Bendot tersebut sehingga status tanah tersebut sudah HIJAU (Sudah berstatus dibeli PT. BKP - Red), sehingga kami lakukan penggusuran untuk pengembangan kebun", jelasnya.

    Penulis: Nikodemus Niko
    Editor: Kundori
    KOMENTAR