CONNECT WITH US
  • Sukseskan Program PTSL, BPN Sanggau Berikan Penyuluhan

    Bagikan:
    Kembayan (Suara Sanggau) - Penyuluhan dalam rangka Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Kantor Pemerintahan Kabupaten Sanggau oleh Tim PTSL BPN Sanggau digelar di GPU Marta Dipa Desa Tanjung Merpati Kecamatan Kembayan, Senin (26/2/2018).

    Penyuluhan oleh Tim PTSL BPN Sanggau ini dihadiri oleh Forkopimcam Kembayan, Kades Tanjung Merpati, Kades Tanap, Perangkat Pemerintah Desa Tanjung Merpati dan Desa Tanap, beserta kurang-lebih 300an calon peserta Program PTSL.

    Kades Tanjung Merpati Sirojudin dalam pengantarnya menyampaikan bahwa Program PTSL bagi Tanjung Merpati merupakan periode yang ke dua. Pada tahun 2017 lalu ada target 1.000 persil, namun karena masih banyak peserta yang belum terdaftar dalam Program PTSL ini dikarenakan kuota penuh, maka tahun 2018 Desa Tanjung Merpati masih disertakan mengikuti Program PTSL ini bersama dengan Desa Tanap dan Desa Sebongkuh.

    "Pengalaman tahun 2017 lalu kita cukup kewalahan mendampingi pihak BPN atau kontraktor, karena tenaga pendamping yang digunakan adalah para perangkat atau staf desa, sementara peserta yang terdaftar cukup banyak dan itupun masih ada peserta yang tidak dapat program ini karena kuota penuh, sehingga kita bersyukur tahun 2018 ini Desa Tanjung Merpati masih mendapat jatah, walau kuotanya sedikit", terangnya.

    Sirojudin melanjutkan, tahun 2018 ini ada tiga desa peserta Program PTSL yakni Desa Tanjung Merpati, Desa Tanap dan Desa Sebongkuh. Karena itu kita harap dengan dukungan masyarakat sebagai peserta program ini berjalan sukses.

    Di kesempatan yang sama Kades Tanap Bewianus, S.Th menyampaikan, untuk Desa Tanap saat ini peserta yang sudah mendaftar ada 457 pesil.

    Mewakili Camat Kembayan Yosepa Kasi Pemerintah menjelaskan, PTSL ini merupakan program Presiden Republik Indonesia karena itu masyarakat diminta untuk menggunakan program ini sebaik mungkin.

    "Sertifikat sangat penting bagi masyarakat dan ini didukung oleh pemerintah. Kami juga mohon agar adanya transparansi berkenaan dengan administrasinya", pesannya.

    Dijelaskan oleh Ketua Tim Program PTSL BPN Sanggau Agung Prasetio, PTSL ini merupakan tindaklanjut program pemerintah RI dan diharapkan peserta memahami dengan baik hak dan tanggungjawabnya.

    "Program strategis Pak Jokowi ini ditargetkan pada tahun 2025 tanah milik masyarakat sudah terdaftar semua dan masyarakat sudah memiliki sertifikat tanah", paparnya.

    Penulis: Nikodemus Niko
    Editor: Kundori
    KOMENTAR