CONNECT WITH US
  • Adedia Juara Pertama Lomba Cerita Siswa

    Bagikan:
    ADEDIA
    Sanggau (Suara Sanggau) - Adedia  berhasil menjadi juara pertama dalam lomba bercerita siswa sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah(SD/MI) se Kabupaten Sanggau 2018 yang berasal dari MIN Teladan Sanggau kecamatan Kapuas di aula hotel Emerald,  Kamis (19/4).

    Keberhasilan ini pula, membawa  siswi ini berhak mewakili Kabupaten Sanggau di ajang yang sama untuk tingkat Provinsi Kalbar yang akan berlangsung pada Juli mendatang.

    Pj Bupati Sanggau yang diwakili Kabag Ekon Setda Sanggau, Eka Pria Saputra mengatakan kegiatan lomba bercerita ini akan memberikan pencerahan bagi kita semua terutama dalam memahami betapa pentingnya membangun dan mengembangkan perpustakaan dalam rangka menumbuhkan minat dan budaya baca untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

    “Oleh karena itu perpustakaan juga berfungsi sebagai wadah penyedia informasi dan ilmu pengetahuan terutama bagi pelajar,” kata Eka.

    Ditambahkannya agar perpustakaan umum sanggau dapat dikelola dengan sebaik-baiknya dengan mengedepankan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

    “Untuk penyediaan sarana dan prasarana perpustakaan harus terus ditingkatkan juga promosi dan sosialisasi harus gencar agar mendekatkan masyarakat pada perpustakaan,”tambahnya.

    Selanjutnya,bagi anak anak yang sedang menuntut ilmu di bangku sekolah tumbuhkanlah kebiasaan untuk membaca,dengan membaca buku baik dirumah, sekolah dan perpustakaan sangat besar manfaatnya.

    “Tanamkan kebiasaan membaca dengan memulainya di lingkungan keluarga,” harap Eka.

    Sementara itu ketua panitia penyelenggara, Ignatius Irianto bahwa Adedia yang menjadi juara  tersebut berhasil menyingkirkan Peserta lainnya yang  berjumlah  sebanyak 16 anak yang ikut berlomba  dari 7 kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau.

    “Dari 16 anak yang mengikuti lomba kita dapat kan juara 1-5 yang masing masing adalah Adedia MIN Teladan Sanggau sebagai  juara 1, Nabilah SD IT Al-Kahfi Sanggau juara 2, Andini SDN 68 Liku Juara  3, Eva SDN 04 Batang tarang harapan 1, dan Irna SDN 08 Sanggau harapan dua. Namun untuk mewakili Sanggau hanya yang terbaik pertama yang diambil,” jelas Ignatius yang juga merupakan kepala kantor kearsipan dan perpustakaan daerah Sanggau.

    Ia juga mengatakan dengan mengadakan perlombaan seperti ini, selain mendukung program kerja pemerintah kabupaten Sanggau  dirinya berharap supaya anak-anak lebih giat dan lebih senang untuk membaca buku-buku cerita, karena dengan membaca buku cerita akan melahirkan suasana hati yang lebih menyenangkan bagi mereka.

    “Dengan ini pula akan timbul rasa keingin tahuannya dan bahkan ingin mengenal lebih dalam lagi tentang sejarah atau asal muasal kisah yang diceritakan dalam buku tersebut,” tuturnya.

    Dirinya berharap, agar kegiatan ini tidak hanya sebatas perlombaan saja,namun anak-anak tersebut harus bisa jadi pelopor dalam meningkatkan minat baca baik disekolah maupun dilingkungannya.

    Sementara itu salah satu dewan juri Utin linda mengatakan Antusiasme para peserta terlihat dari cara mereka mengekspresikan cerita yang mereka tuturkan dihadapan para dewan Juri.

     “Sebagai tim Juri terdiri dari tiga orang yaitu  saya sendiri Utin linda mersianti, Margaretha loweh dan yoanita, adapun kriteria penilaian meliputi penampilan, teknik bercerita, penguasaan dan kesesuaian materi dan kemampuan skill peserta,”ujar Linda.

    Utin Linda juga mengatakan  Penetapan pemenang Lomba Bercerita Siswa SD/MI Tingkat Kabupaten Sanggau Tahun 2018 dibuat sesuai dengan Pedoman yang telah ditetapkan. Keputusan Tim Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Demikian pengumuman pemenang lomba, Kami ucapkan selamat buat adik-adik pemenang lomba.

    “Bagi yang belum masuk dalam nominasi, jangan berkecil hati, teruslah asah bakatmu meraih prestasi,”pungkas Linda. (DD).

    KOMENTAR