CONNECT WITH US
  • Kelurahan Ilir Kota, Wakili Sanggau Lomba Desa Tingkat Provinsi

    Bagikan:
    Sanggau (Suara Sanggau) - Kelurahan Ilir Kota kecamatan Kapuas mewakili kabupaten Sanggau dalam  rangka Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2018 dan Tim Penilai Lomba Desa melakukan kunjungan dan penilaian di kantor kelurahan ilir kota kecamatan kapuas Kabupaten Sanggau(18/4).

    PJs Bupati Sanggau, Moses Tabah menyampaikan inovasi yang dibuat masyarakat ini sangat penting dalam meminimalisir problem atau masalah yang hadir di tengah-tengah masyarakat.

    Dia mencontohkan, misalnya persoalan banjir. Persiapan perahu-perahu harus sudah dilakukan sehingga evakuasi bisa dilakukan secara cepat. Ini upaya yang mestinya dipikirkan dan tidak mesti menunggu banjirnya besar.

    “Selain perahu, coba dipikirkan pendirian bangunan untuk kepentingan evakuasi atau tempat relokasi untuk mengantisipasi hal-hal semacam itu,” jelasnya

    Jika inovasi-inovasi sudah diciptakan oleh masyarakat, tentu semua pihak tidak akan khawatir lagi. Misalnya pada saat hujan, tidak lagi takut kebanjiran dan pada saat kemarau tidak lagi takut kekurangan air bersih.

    “Jangan sampai kita terbiasa hidup pasrah. Biarkan saja apa adanya. Biar nanti pemerintah yang mengurus. Mentalitas inovatif ini yang dibutuhkan Kabupaten Sanggau dari masyarakatnya,” kata dia.

    Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalbar,  Alexander menggatakan, lomba  ini hanya sarana untuk melihat bagaimana prestasi yang sudah dibuat,dengan kegiatan yang dilakukan pemerintah terutama untuk lomba desa ini dana sudah semakin besar juga perhatian pemerintah kepada kelurahan semakin besar.

    “Kita ingin melihat bagaimana perkembangan dari kelurahan terutama untuk pelayanan kepada masyarakat,” kata Alex

    Ditambahkan Alex, dari tolak ukur  bisa membuat inovasi baru yang bisa berbeda dari tempat yang lain yang tidak ada ditempat yang lain tetapi disini ada.

    “Inovasi yang sederhana itu sebenarnya merupakan penilaian tersendiri,”ujar Alex.

    Lomba ini adalah sarana kita semakin untuk mempererat persatuan dan kesatuan kita karena mempersiapkan ini kan OPD hadir seluruh RT-RW hadir ada kekompakan dan kebersamaan. 

    “Sehingga apapun permasalahannya kan pasti bisa selesaikan didalam tingkat kelurahan kita,”katanya.

    Dalam Sambutannya Lurah ilir kota Ade imran Mengatakan terima kasih telah memilih kelurahan Ilir Kota sebagai wakil Sanggau dalam lomba ini dan juga kelurahaan ini berada tepat di pusat kota Sanggau .

    “Ini merupakan kesempatan bagi kami dalam rangka memotivasi seluruh komponen di kelurahan kami dalam rangka mendukung program pemerintahan,”kata Imran.(dd)
    KOMENTAR