CONNECT WITH US
  • Korem Laksanakan Petasan

    Bagikan:
    Sanggau (Suara Sanggau) - Korem 121/Alambana Wanawai melaksanakan Pengabdian Tanpa Batas Tentara di Perbatasan (Petasan) diwilayah teritorial Kodim 1204/Sanggau, Pelaksanaan Petasan difokuskan di Dusun Segumun, Desa Lubuk Sabuk, Kecamatan Sekayam perbatasan Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat dengan Distrik Mongkos, Malaysia, Sabtu(21/4)

    "Pada tahap awal kita menjadikan 20 sekolah diperbatasan sebagai pilot project pelaksanaan Petasan. Dan yang kita pilih adalah Sekolah Dasar, karena anak-anak ini masih perlu sentuhan yang bisa menimbulkan semangat nasionalisme," ujar Danrem 121/Alambana Wanawai Brigjend TNI Bambang Ismawan.

    Program Petasan di Segumun ini difokuskan di SD Negeri 15. Kegiatan di SD yang berjarak sekitar empat kilometer dari garis batas ini, antara lain penguatan bela negara, pelatihan cuci tangan serta pola hidup bersih dan sehat, pendidikan kepramukaan dan pengetahuan umum, senam sehat, penanaman pohon dan olahraga.

    Danrem juga mengatakan tujuan pelaksanaan Petasan yaitu menguatkan rasa cinta tanah air pada anak-anak di perbatasan sehingga generasi penerus bangsa ini merasa memiliki dan dimiliki oleh Indonesia.

    Dikatakannya, melalui program ini juga diharapkan bisa membantu mengurangi kesulitan yang dirasakan warga perbatasan, seperti keterbatasan sarana prasarana pendidikan, kesehatan dan sebagainya. Danrem juga tak menutup kesempatan bagi pihak lain, yang ingin bersama TNI menguatkan kawasan perbatasan di Kalimantan Barat ini.

    "Program ini akan berjalan simultan, tidak berhenti di hari ini saja. Tapi kita juga tidak bisa sendiri, kita pasti mengajak instansi yang berkepentingan seperti contoh Pemerintah Daerah, "katanya.

    Pemda mulai membangun rumah dinas guru, di perbatasan Aruk, Dinas Pendidikan bahkan langsung merenovasi bangunan sekolahnya, itukan bentuk partisipasi dari Pemda setempat.

    "Ini sudah kewajiban kita bersama menguatkan daerah perbatasan, sehingga anak-anak diperbatasan merasa mereka bagian dari Indonesia yang diperhatikan oleh negara. Mereka tidak sendiri diperbatasan, negara hadir disini," tegasnya.

    Pada kesempatan itu, Korem 121/Alambana Wanawai juga menyalurkan bantuan pendidikan dan kesehatan berupa perlengkapan sekolah, peralatan olahraga, perangkat sound system dan makanan tambahan untuk siswa. Korem 121/Alambana Wanawai juga menyediakan posko kesehatan gratis untuk warga disekitar pelaksanaan program Petasan yang ingin berobat. (DD/ r).
    KOMENTAR