CONNECT WITH US
  • PKK Kapuas Peringati Hari Kartini

    Bagikan:
    Sanggau (Suara Sanggau) - PKK kecamatan Kapuas dan Dharma Wanita Kabupaten Sanggau menggelar Peringatan Hari Kartini 2018  di aula Kantor Camat Kapuas, Selasa (24/4).

    Camat Kapuas Drs Alifius MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa perjuangan RA Kartini pada masa lampau dengan perjuangan wanita pada saat ini. Berbeda jika dulu bagaimana kaum wanita dihadapkan pada jaman penjajahan dan tujuan utamanya adalah bagaimana bangsa ini lepas dari penjajah dan bagaimana untuk merdeka tentunya dengan perjuangan dengan menaikan derajat kaum wanita agar bersama sama kaum pria pemperjuangkan kemerdekaan.

    “Namun saat ini bangsa kita dihadapkan berbagai persoalan bangsa yang kian rumit  hidup yang semakin ketat kebutuhan yang semakin meningkat maka dari itu peran Wanita memiliki tempat yang strategis baik dalam keluarga maupun dimasyarakat,” ujar Camat.

    Ditambahkan Alipius, kaum ibu mempunyai peranan penting terutama ibu ibu PKK tentu  melalui peran PKK kita dapat memberikan contoh dan mengajak masyarakat bagaimana hidup sehat dan peningkatan ekonomi keluarga dengan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga atau lebih dikenal UP2K  dan mengaktifkan Dasa Wisma.

    “Jika ini dijalankan dengan baik tentu tidak kalah dengan apa yang diperjuangkan oleh Kartini dahulu,”kata Alipius.

    Pada kesempatan itu ketua Dharma Wanita Persatuan kabupaten Sanggau Ny Agnes Leysandri dalam sambutanya mengatakan, bahwa tema yang diusung dalam peringatan hari Kartini adalah “Meningkatkan Kualitas Pemberdayaan Perempuan dengan semangat Kartini”  tema ini dimaksudkan bagaimana  sebagai kaum perempuan harus punya semangat dan tekad yang kuat bagaimana kita ikut berperan aktif dalam mengisi pembangunan kaum perempuan  memiliki kesempatan untuk berkarya perempuan memiliki ruang untuk berkarya baik dalam berorganisasi Politik  berwirausaha dan sebagainya.

    “Perempuan yang berkarya diberbagai sektor jadi salah satu wujud meneruskan perjuangan RA Kartini,”harap Agnes.

    Agnes juga juga mengatakan memang tidak mudah untuk meneruskan perjuangan tersebut namun setidaknya kaum wanita harus memiliki keinginan kuat untuk mampu disejajarkan dengan kaum Pria semoga dengan peringatan ini mengingatkan kita tentang pemikiran yang luas dan luar biasa dari Ibu Susi Puji Astuti  bahwa Perempuan Indonesia untuk  tidak ragu dalam mencapai mimpi dan cita cita.

    “Jangan berpikir apa yang tidak bisa nanti tidak bisa semua namun kita haus optimis bahwa perempuan bisa,” ungkap Agnes.

    Ketua Panitia sekaligus Ketua TP PKK Kecamatan Kapuas Ny Ratih Alifius  melaporkan bahwa  diadakannya peringatan tersebut merupakan kerjasama antara TP PKK Kecamatan Kapuas dengan Dharma Wanita Kabupaten Sanggau yang melibatkan seluruh Ketua TP PKK Desa dan Kelurahan se Kecamatan Kapuas para Ketua Organisasi Wanita yang tergabung dalam GOW Kab Sanggau para Ketua Unit Dharma Wanita se Kab Sanggau serta para lurah se Kecamatn Kapuas.

    “Kegiatan ini juga diisi dengan penyampaian sejarah singkat RA Kartini yang disampaikan oleh Ketua BKMT Kab Sanggau Hj Fitriati Hairudin, juga diadakan  lomba Fashion Show Kebaya Nasional yang melibatkan para Ketua TP PKK Desa dan Kelurahan  serta Doorprize dengan berbagai pertanyaan seputar RA Kartini dan Pengetahuan Umum menyangkut pembangunan dan sosial kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Sanggau ”pungkas Ratih.

    Pada kesempatan itu ketua Dharma wanita kabupaten Sanggau menyampaikan  bingkisan dan penghargaan kepada Ny  Ir Basita Ginting  kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sanggau yang dinilainya sangat solid  serta terjun langsung  dalam menjaga kebersihan kota Sanggau.

    Ratih Alifius atas prestasi sebagai Pelopor Muda perempuan yang telah berhasil mengharumkan Nama Kabupaten Sanggau sebagai Juara Pertama Bunda PAUD Tingkat Provinsi Kalimantan Barat. Serta dilanjutkan dengan pemotongan Tumpeng.(DD)
    KOMENTAR