CONNECT WITH US
  • Banjir Bandang dan Tanah Longsor di Sanggau

    Bagikan:

    Banjir Bandang yang terjadi di gg Mandiri
    SANGGAU(Suara Sanggau),  Hujan deras yang menguyur kota Sanggau membuat  beberapa daerah di kecamatan kapuas kabupaten Sanggau ini mengalami banjir bandang dan tanah longsor, Banjir bandang yang meluap, diakibatkan saluran air dan Sungai yang kecil dengan volume air yang besar, tidak mampu menampung aliran air dan meluap ke jalan.

    Akibatnya,puluhan rumah terendam banjir di daerah badang Rt.21/Rw 07 kelurahan Beringin dan RT 10 kelurahan ilir kota kecamatan Kapuas pada minggu(20/5).

    Banjir bukan saja menggenagi jalan linkungan  saja, sejumlah  rumah warga juga terendam banjir. Meski rumah warga juga ikut terendam banjir bandang, namun sebagian warga masih tetap bertahan didalam rumah. Warga yang ingin keluar rumah pun kesulitan sambil menunggu air banjir bandang tersebut surut.

    Salah seorang Warga Badang Abdul Rahim  mengaku pada saat peristiwa terjadi terpaksa diam dirumah tidak bisa kemana-mana.

    “Kami selaku warga menginginkan penanganan drainase dilakukan secara menyeluruh,” kata Rahim.

    Ditambahkan rahim drainase yang perlu diperhatikan dari daerah belakang pasar sentral menuju jalan Juanda.

    “Kalau dilihat alurnya ada kemungkinan dampak sumbat di gorong- gorong di samping ruko di depan rumah sakit yang sudah perlu di bongkar dan diganti bok kalpet atau kembali keasalnya dibuatkan jembatan”, ujar Rahim.

    Dikatakannya juga bahwa aliran sungai samping BRI cabang Sanggau arah sungai Aur di depan SDN 8 penimbunan lokasi menutup parit dan hal ini juga menjadi penambah air yang mengenang di badang.

    “Sudah beberapa kali di survei namun belum ada tindakan, Setiap hujan lebat pasti banjir”,ungkap Rahim.

    Tanah Longsor Yang menimpa rumah Agus
    Selain banjir bandang salah satu rumah warga Agus juga tertimpa tanah longsong yang berada di Rt 04 Gang Ratu Ayu kelurahan Tanjung Sekayam kecamatan Kapuas yang di benarkan Ade Harun tetangga korban.

    Lurah Tanjung Sekayam Edi kamtono mengatakan guyuran hujan menyebabkan longsor dan terjadi sekitar jam 10.00 tadi pagi dari tebing sebelah rumah warga  dan mengakibatkan salah satu kamar jebol di hantam longsor.   

    “agar masyarakat  tetap waspada, mengingat saat ini cuaca sedang tidak menentu dan memungkinkan terjadi musibah alam”pesan Edi.

    Saat ini petugas dari TRC BPBD Sanggau sedang berusaha membersihkan lumpur yang menimpa rumah warga.(DD)
    KOMENTAR