CONNECT WITH US
  • Polsek Kembayan Mediasi Penyelesaian Kasus Penganiayaan

    Bagikan:
    Kembayan (Suara Sanggau) - Terkait kasus penganiayaan sesuai aduan pihak korban atas nama Afridus Jani (49) alias Flores yang dipukul menggunakan palu oleh Ahyap pada tanggal 4 Mei 2018 malam acara gawai di Jemongko Dalam Desa Kuala Dua Kecamatan Kembayan sekira jam 22.00 WIB, sehingga Afridus Jani, warga Rende Desa Lembur Kecamatan Kota Komba Kabupaten Manggarai Timur NTT mengalami luka di bagian kepala dan mendapat 5 jaitan, Kapolsek Kembayan melalui Kanit Reskrim Bripka Suyatno, SH memediasi pihak korban dan pelaku dalam penyelesaian kasus tersebut.

    "Penyelesaian setiap permasalahan secara kekeluargaan tentu ada jenis dan patokannya sesuai dengan aturan adat yang berlaku,  sehingga pengurus adat dalam memutuskan adat tentu lebih melihat bentuk permasalahan bukan siapa yang melakukan kesalahan", terangnya.

    Rupinus Panyin menilai permasalahan terjadi karena ada kesalah pahaman, maka atas tindakan tersebut pelaku dikenakan adat 12 (Dua belas) Buah senilai Rp 4.222.000,- sedangkan korban membayar adat pembuang sial pemanggil semangat berupa adat 2 (Dua) Buah senilai Rp 458.000,-. Selain itu disepakati juga pihak pelaku membatu biaya perobatan untuk korban sebesar Rp 4.000.000,-.

    Penulis: Nikodemus Niko
    Editor: Kundori
    KOMENTAR