CONNECT WITH US
  • Warga Pemilik Tanah Lokasi PKS PT. TBS Tuntut Pelunasan Harga Tanah

    Bagikan:
    BENI DAN MALIK, PEMILIK TANAH
    Kembayan (Suara Sanggau) - Warga di Dusun Tanjung Merpati yang dijadikan lokasi berdirinya Pabrik Kelapa Sawit PT. Tayan Bukit Sawit (TBS) tuntut pelunasan harga tanah.

    "Kami sudah cukup sabar menanti janji pelunasan harga tanah sejak tahun 2016 lalu, namun hingga kini belum selesai," ungkap Abdul Malik, Sabtu (5/5/2018) pagi.

    Dijelaskan Malik, tanah miliknya yang berada di areal Pabrik PT. TBS seluas 1,1 Ha dengan nilai seratus juta rupiah baru dibayar Rp 80.000.000,- oleh Abraham Ami pihak ke tiga yang mengatasnamakan PT. TBS pada tanggal 25 Juli 2016 lalu.

    "Namun sisa harga tanah sebesar duapuluh juta rupiah hingga kini masih belum dibayar atau dilunasi," ungkapnya kesal.

    Hal yang sama juga disampaikan oleh Beni abang kandung Abdul Muin warga Tanjung Merpati9 Pihaknya mempunyai tanah bersertifikat tahun 1985 yang sekarang ini berada di areal Pabrik PT. TBS. Tanah atas nama Abdul Muin tersebut seluas 1,18 Ha, dinilai oleh Pihak PT. TBS seharga seratus lima puluh juta rupiah.

    "Tanah kami seluas 1,18 Ha sudah bersertifikat dan dihargai sebesar Rp.150 juta, pembayarannya baru dicicil dua kali dengan sisa yang belum dibayar kurang lebih limapuluh empat juta rupiah," papar Beni.

    Beni menilai jumlah tersebut sebenarnya bisa segera diselesaikan oleh pihak PT. TBS untuk memfasilitasi agar Abraham Ami dipanggil untuk bertanggungjawab terhadap harga tanah yang belum dilunaskan tersebut.

    "Pada prinsipnya tanah kami dibeli oleh pihak PT. TBS sehingga dalam hal ini PT. TBS juga punya andil dan bertanggungjawab menyelesaikan pelunasan harga tanah tersebut," harapnya.

    Penulis: Nikodemus Niko
    Editor: Rizki Mahardika
    KOMENTAR