CONNECT WITH US
  • Panwaslu Juga Temukan DPT Ganda

    Bagikan:
    Ketua Panwaslu Kabupaten Sanggau Inosensius
    SANGGAU(Suara Sanggau),  Ribuan DPT ganda juga temukan oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Sanggau.

    Ketua Panwaslu Kabupaten Sanggau Inosensius mengatakan sudah merekomendasikan temuan tersebut ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sanggau agar memperbaiki 52 file data daftar pemilih yang terindikasi ganda. Satu file berisi ratusan data daftar pemilih yang memiliki kesamaan nama, tempat tanggal lahir, alamat dan kesamaan data lainnya.

    "Kami sudah menyurati KPUD dan merekomendasikan perbaikan 52 file pemilih ganda itu sebelum rapat pleno perbaikan DPT tanggal 16 Juni kemarin, harusnya KPUD sudah menindaklanjutinya," ujar Inosensius, Sabtu (23/6/2018).

    Terkait rekomendasi perbaikan 52 file data DPT itu, Inosensius mengungkapkan, hingga sekarang pihaknya belum mendapatkan jawaban tindak lanjut dari pihak KPUD.

    "Tapi sampai hari ini kami belum dapat jawaban KPUD apakah rekomendasi kami sudah ditindaklanjuti atau belum," ucapnya.

    Ditanya tentang rencana aksi demo salah satu pasangan Cabup/Cawabup ke KPUD, Inosensius mengatakan protes merupakan hak setiap paslon. Namun, Dia meminta protes yang disampaikan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    "Itu hak paslon. Cuma saya minta jangan melanggar aturan, patuhi aturan yang ada, jangan sampai melanggar aturan," tandasnya.

    Sementara itu, Ketua KPUD Sanggau Sekundus Ritih menyampaikan sudah meminta pihak KPPS untuk menghapus sejumlah data ganda dalam DPT.

    "Yang menghapus bukan KPU tapi di KPPS-nya, itu sudah kita sampaikan ke KPPS. Jadi sekarang mereka sedang membuat C 6 berdasarkan salinan DPT yang mereka terima dan begitu ditemukan DPT ganda langsung mereka hapus," terang Sekundus.

    Dikatakan, DPT yang sudah diperbaiki itu selanjutnya digunakan KPPS sebagai rujukan pada saat hari pemungutan suara, 27 Juni 2018 nanti.

    "Yang ganda-ganda itu otomatis hanya satu saja yang boleh nyoblos sambil mereka (KPPS) terus menginventarisir, itu yang kita sampaikan ke mereka," tambahnya.

    Disinggung tentang perbaikan 52 file data ganda yang direkomendasikan Panwaslu, Sekundus mengaku sudah melakukan tindak lanjut dengan mengeluarkan nama-nama tersebut dari DPT sesuai data yang diterima dari Panwaslu. Dia mengharapkan partisipasi semua pihak untuk ikut mengawasi.

    "Kita sama-samalah mengawasinya, tidak mungkin hanya kami sendiri yang mengawasi, peran masyarakat untuk mengawasinya sangat penting. Yang bisa kami lakukan yaitu menginstruksikan jajaran di tingkat bawah untuk terus menginventarisir DPT ganda, kalau ditemukan yang seperti itu pasti dihapus petugas KPPS," tuturnya.

    Ditambahkan Sekundus bahwa KPU juga ada mekanisme pengisian daftar hadir C7 di TPS yang harus diisi oleh pemilih. Jadi KPPS wajib mengumpulkan C7 dan Daftar Pemilih Tambahan A-Tb per TPS.

    "Itu sebagai bahan croscheck penggunaan hak pilih,"Pungkanya.(DD)
    KOMENTAR