CONNECT WITH US
  • YBM PLN Salurkan Zakat Di Dusun Sebongkup

    Bagikan:

    SANGGAU(Suara Sanggau),  Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN Cabang Area Sanggau bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sanggau Salurkan zakat ke Dusun Sebongkup,Desa Nanga Biang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau(6/6).

    Dengan diiringi rebana Dusun Sebongkup masyarakat sangat antusias menyambut Kedatangan tim dari YBM PLN dan BAZNAS kabupaten sanggau, yang melakukan perjalanan dari jalur sungai Kapuas.

    Tim ini terdiri dari Manager  PLN Area Sanggau pak Didik Kurniawan, Ketua YBM PLN wilayah Pontianak C.Condro C, karyawan PLN dan pengurus YBM sanggau serta perwakilan BAZNAS Sanggau.

    Manager PLN Area Sanggau  Didik Kurniawan menyampaikan bahwa memang dalam Tahun 2019 ini target PLN semua Desa di kab sanggau bisa dialiri listrik dan tercatat sudah 80% desa yg teraliri listrik.

    “kurang lebih ada 32 Desa yang belum merasakan Aliran Listrik PLN dikarenakan beratnya medan dan jauh dari jalur induk,”Kata Didik Kurniawan.

    Akan tetapi ia pun berupaya agar dusun sebongkup bisa merasakan aliran listrik PLN kalaupun tidak kita akan melakukan alternatip dengan memasang Pembangkit Listri Tenaga Surya(PLTS).

    “PLTS ini dengan kapasitas disesuaikan dengan jumlah kepala keluarga suatu daerah misalnya di sebongkup ada 150 kk dikalikan daya sekitar 1300 tiap kk maka hasil itulah yang dipasng nanti,”ujar Didik.

    Lebih lanjut ketua YBM PLN Condro  mengatakan YBM PLN siap bermitra dengan baznas kab sanggau dalam proses pendistribusian dan pendayagunaan dana zakat yang di himpun dari zakat karyawan PLN ini.

    “Program-Program kami dari YBM PLN meliputi beasiswa pendidikan, kesehatan dan sosial,”Kata Condro.

    Sementara itu Wakil ketua I BAZNAS Kabupaten Sanggau Indra mengatakan dalam sambutannya, sangat mengapresiasi YBM PLN yang dalam proses penyaluran dan pendistribusian zakat melaporkan dan menggunakan data mustahiq dari Baznas kabupaten sanggau.

    “Hal ini harus terus di sinergikan agar tidak ada data tumpang tindih dalam hal penerima dana zakat,”Ujar Indra.

    lebih jauh Indra berharap karena keterbatasan dana yang terkumpul melalui baznas sanggau hendaknya setiap lembaga yang ingin menyalurkan dana zakat agar dapat dikomunikasikan dengan BAZNAS sebagai laporan yang akan di rekap untuk selanjutnya dilaporkan pada Baznas Pusat.

    “Saya berharap masyarkat agar memahami bahwa dana zakat sudah ditentukan peruntukananya untuk 8 asnaf yang telah diatur dalam Al qur'an. Dana zakat bukan dana bansos akan tetapi sesuai dengan syar'ie yg penyalurannya harus sesuai kriteria,” Kata Indra.

    Sementara itu  Kepala Dusun Sebongkup Viktor mengatakan sangat berterima kasih atas kedatangan tim safari Ramadhan YBM PLN  Dan Baznas ini. Ia berharaf dengan kehadiran manager PLN harapan masyarakat Dusun Sebongkup untuk menikmati Listrik Negara semakin besar.

    “Karena kami pernah mengajukan beberpa kali pada dinas ESDM dan PLN  akan tetapi belum ada realisasi,”Tutup Victor.

    Tercatat dalam penyaluran ini disalurkan dana pada 146 mustahik yang mewakili fakir, miskin, muallaf, fisabillah dan ibnu sabil.(DD)
    KOMENTAR