CONNECT WITH US
  • Bangun Drainase PKS PT. TBS, Masyarakat Adat Tanjung Maya Gelar Ritual Ngudas

    Bagikan:
    Kembayan (Suara Sanggau) - Masyarakat Adat di Dusun Tanjung Maya gelar Ritual Adat Ngudas (Ngeremah) Tanah di lokasi pembangunan drainase PKS PT. Tayan Bukit Sawit (TBS), Sabtu (14/7/2018)

    "Pembangunan dreainase sepanjang 401 meter dengan lebar 2 meter dan kedalaman 2 meter dimaksud untuk pembuangan sisa hasil olahan limbah Pabrik Kelapa Sawit non kebun PT. TBS," terang Sahrudin Humas PT. TBS disela-sela pelaksanaan ritual adat ngudas.

    Dilanjutkan Sahrudin, saluran pembuangan dibangun agar air tidak tergenang, dan dipastikan air tersebut sudah aman serta tidak mengandung limbah, bahkan ikan yang ada disekitar aliran tersebut tidak mati, terangnya.

    Ritual adat ngudas ini dipimpin Pak Diron (Oma Piton) tukang pomang, dihadiri sejumlah pengurus adat Tanjung Maya dan Tanjung Merpati, Kadus, pemilik lokasi serta beberapa masyarakat.

    "Pembuatan saluran drainase ini berdasarkan kesepakatan bersama antara masyarakat Tanjung Maya, pemilik lokasi dengan pihak PT. TBS sesuai usulan masyarakat Tanjung Maya," terang Fransiskus Guncang Kadus Tanjung Maya.

    Pembebasan lokasi dan ganti rugi sudah dilakukan oleh pihak PT. TBS, sehingga jalur drainase yang melewati Donu Entebei, Donu Ompu hingga Muara Sekayam bisa dikerjakan.

    Penulis: Nikodemus Niko
    Editor: Kundori
    KOMENTAR