CONNECT WITH US
  • Masyarakat Adat Dayak Kembayan Gelar Ritual Tolak Bala Tepung Tawar

    Bagikan:
    Kembayan (Suara Sanggau) - Sebagai bentuk solidaritas masyarakat adat Dayak kecamatan Kembayan pasca Pilkada Serentak 2018, sekitar seratus lebih masyarakat adat bersama DAD Kecamatan Kembayan menggelar ritual adat tolak bala Tepung Tawar di Pasar Kembayan, Minggu (1/7/2018).

    Kegiatan ritual adat ini dimulai pukul 15.00 WIB dipimpin oleh pengurus Adat bernama Diron dengan melakukan ritual pemotongan babi dan pemotongan ayam kampung serta perlengkapan adat lainnya.

    "Maksud dan tujuan Ritual adat Tolak Bala Tepung Tawar ini dilaksanakan dengan dasar bahwa rezeki itu datangnya dari Yang Maha Kuasa, sehingga apapun hasil dari upaya yang kita lakukan patut kita syukuri. Selain itu ritual ini juga dimaksud untuk kita mengkondisikan agar semua lapisan masyarakat pasca pilkada serentak bisa tenang, aman dan nyaman dan bisa kembali beraktifitas seperti semula", papar Ketua DAD kecamatan Kembayan, Yoseph Andi, SP.

    Lebih lanjut dikatakannya, masyarakat adat dayak meyakini bahwa ada kekuatan lain di luar manusia yang mengendalikan tata kehidupan di dunia ini. Ritual ini bertujuan baik dan merupakan kearifan lokal sebagaimana dalam peribahasa "dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung serta hidup dikandung adat mati dikandung tanah". Kearifan lokal ini patut dijaga karena setiap suku mempunyai kearifan lokal sebagai kekayaan budaya Indonesia.

    "Maksud dan tujuan ritual ini sangat jelas sebagai bentuk pelaksanaan kearifan lokal agar kita tetap menjaga keamanan dan ketertiban serta menolak segala bala dan hal-hal yang tidak diinginkan. Karena itu jangan salah tafsir dan jangan dipelintir kepada hal yang keliru. Masa pilkada sudah usai dan mari kita kembali pada aktivitas kita semula sebagai masyarakat Kembayan bagaimana kita menjaga kebersamaan dalam membangun Kembayan lebih maju lagi. Jika ada kesalahpahaman, mari kita duduk bersama bermusyawarah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut,"ungkapnya.

    Pengamanan kegiatan ritual adat Tolak Bala dan Tepung Tawar dilaksanakan oleh Personil Polsek dan Koramil Kembayan. Selama pelaksanaan kegiatan berjalan lancar dan kondusif.

    Penulis: Nikodemus Niko
    Editor: Kundori
    KOMENTAR