CONNECT WITH US
  • Cewek Filipin Divonis Kurungan Lima Bulan

    Bagikan:
    Munawar Rahim bersama kliennya Mchelle Reyes 

    SANGGAU(Suara Sanggau), Michelle Reyes Panuncillon, warga Filipina yang masuk ke Indonesia secara ilegal akhirnya menerima putusan majelis hakim pada Pengadilan Negeri (PN) Sanggau atas perkara keimigrasian terhadap dirinya dengan vonis pidana kurungan lima bulan penjara dan denda seratus juta rupiah subsidair satu bulan penjara, Rabu (8/8) sore.

    Michelle sebelumnya ditangkap bersama teman lelakinya yang juga sebagai pacarnya di jalur ilegal (hutan) dan masuk ke Indonesia hanya berbekal Id Card Malaysia. Dalam pengekuannya, dia dijanjikan akan dinikahi oleh pacarnya di Jakarta. Namun, mereka tertangkap oleh aparat dalam pemeriksaan pada bulan maret lalu.

    Pada sidang itu Majelis hakim yang diketuai oleh Hakim Arief Budiono didampingi Albanus Asnanto dan Joh Malvino Seda Noa Wea masing-masing sebagai hakim anggota I dan II memutuskan bahwa Michelle terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 119 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian.

    Dalam putusannya, hakim juga mengesampingkan pledoi (pembelaan) yang diajukan oleh kuasa hukum terdakwa mengingat secara hukum terdakwa secara sah dan meyakinkan terbukti bersalah terkait dengan undang-undang keimigrasian.

    Sebelumnya, JPU menuntut terdakwa dengan sembilan bulan penjara, denda seratus juta rupiah subsidair 6 bulan kurungan namun majelis hakim memutuskan berbeda. Atas putusan majelis hakim tersebut, Jaksa Penuntut Umum (JPU) masih akan pikir-pikir.

    Terpisah kuasa hukum terdakwa Munawar Rahim  setelah berkomunikasi dengan kliennya mengatakan menerima hukuman yang sudah dijatuhkan oleh majelis hakim.
    “Kami menghormati keputusan terhadap kliennya atas putusan tesebut dan tidak akan mengajukan banding,”Pungkas Munawar.(DD)
    KOMENTAR