CONNECT WITH US
  • Kebakaran Lahan Di Tayan Hilir

    Bagikan:
    Kebakaran Lahan Persis Disamping Jembatan Tayan
    Tayan Hilir (Suara Sanggau), Kebakaran hutan dan lahan serta semak belukar, terjadi persis samping jembatan Kapuas Tayan, Dusun Piasak, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kamis (23/8).
    Petugas gabungan terdiri diantaranya Binsika, ERG PT ICA, Polsek Tayan Hilir, Koramil Tayan serta unsur lainnya. Dan tak terkecuali masyarakat juga ikut berjibaku bersama petugas gabungan yang berusaha memadamkan api, yang susah dijinakkan itu. Terlebih lagi tiupan angin seakan membuat api semakin membesar memakan lahan bercampur gambut tersebut.
    Kapolsek Tayan Hilir Iptu Charles  BM Karimar  dan Camat Tayan Hilir Toni Kulung  terjun langsung kelokasi dan berjibaku dengan tim gabungan memadamkan api tersebut.  
    “Saat ini masih terbakar, tim gabungan masih melaksanakan pemadaman. Diperkirakan ada 4 hektaran yang terbakar. Lahan milik Dusun Piasak menurut informasi awal,” ujar Kanit Intelkam Polsek Tayan Hilir, Aipda Rohibi via whattashap, Kamis sore.
    Akibat kebakaran tersebut, jalur transportasi jalan Trans Kalimantan yang melewati jembatan Kapuas Tayan terganggu. Hal itu dikarenakan jarak pandang yang terhalang karena asap dari kebakaran lahan tersebut. Beberapa petugas mengatur lalu lintas, untuk menghindari tabrakan antara kendaraan. 

    Kebakaran lahan juga terjadi di wilayah Dusun Pedalaman lainnya. Pada lahan dekat perumahan Bellova. Membuat perhatian petugas menjadi terbagi dalam melaksanakan pemadaman. 

    “Ya, peralatan kami digeser ke lahan yang terbakar lainnya, dekat perumahan Bellova. Api di sini (Bellova) tidak besar, cuma banyak titiknya. Sehingga kewalahan juga,” ujar Manager ER dan CSR PT ICA, Heri yang memimpin tim Emergency Respons Group (ERG).
    Kebakaran ini, membuat warga yang bermukim di kawasan tersebut was-was. Banyak diantaranya membantu memadamkan api, agar jangan merembet ke permukiman mereka.

    KOMENTAR