CONNECT WITH US
  • Wisata Dadakan Sanggau "Aik Kerosik"

    Bagikan:


    SANGGAU(Suara Sanggau), Aik Kerosik adalah pasir yang timbul di tenggah-tengah Sungai Kapuas yang berada diwilayah Kota Sanggau, Aik Kerosik hanya timbul di musim kemarau panjang, timbulnya Aik Kerosik ini menjadi salah satu daya tarik dan alternatif wisata yang ramai di kunjungi masyarakat baik warga Sanggau maupun pendatang dari daerah lain.

    Setiap Sore hari masyarakat ramai sekali untuk pergi ke kerosik(pasir) di tenah sungai kapuas itu, dan menjadi daya tarik tersendiri karena tidak akan ada setiap waktu. Yang datang pun beragam orang mulai dari anak-anak hingga orang tua dan menjadi tempat bermain motor cross bagi anak muda setempat.

    Lina warga Pontianak tapi asli Sanggau ini sengaja pulang kampung untuk mendapatkan momen pergi ke wisata dadakan Aik Kerosik yang tidak setiap saat ada.

    “Aik Kerosik inikan hanya muncul pada musim kemarau panjang saja, juga bisa untuk foto-foto apalagi ada seperti sunset, yah sekalian pulang kampung lah,”Kata Lina saat di temui di lokasi Aik Kerosik, Sabtu(25/08)sore.

    Januardi salah seorang pengunjung lokal yang datang kelokasi itu juga mengaku sangat senang dengan adanya Kerosik timul karena ada lokasi wisata dadakan dan kami bisa sambil bermain bola di atas pasir.

    “Begoyap(jalan-jalan) sambil berolahraga,”ujar Janur.

    Sementara itu Andi warga Tanjung Kapuas, menuturkan antusiasme masyarakat sangat tinggi untuk datang ke Kerosik, hal itu terlihat dari banyaknya masyarakat yang datang ke lokasi tersebut.

    “kalau Kerosik telah timbul hampir setiap hari kawasan daerah tersebut ramai di kunjungi, apalagi sabtu dan minggu,”jelas Andi.

    Untuk menunjang wisata musiman tersebut para anak muda di daerah itu membuat jembatan yang menghubungkan bibir sungai ke Kerosik agar para pengunjung mudah untuk mendatangi lokasi tersebut, nampak juga beberapa anak muda bermain motor trail di atas pasir tersebut.(DD)

    KOMENTAR