CONNECT WITH US
  • Festival Paradje Di Sanggau Meriah

    Bagikan:
    Bupati Sanggau memukul gong tanda dimulainya Festival Paradje

    SANGGAU(Suara Sanggau), Pergelaran Event Tahunan Festival Paradje’ Pasaka Negeri dan Festival Budaya Melayu se Kabupaten Sanggau ke-X, resmi dibuka Bupati Sanggau Paolus Hadi yang berlangsung di halaman Keraton Surya Negara, pada Rabu (5/9).

    Sebelum dilaksanakan seremoni pembukaan, terlebih dahulu digelar ritual Paradje’ Pasaka Negeri (membersih negeri dengan membacakan lafaz ayat-ayat suci mengelilingi Kota Sanggau) diikuti hampir seribuan orang. Kemudian dilanjutkan dengan ritual Tolak Ajong yang diturunkan ke Sungai Kapuas depan Keraton Surya Negara Sanggau.

    Prosesi ini dilaksanakan Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara Drs H Gusti Arman M Si dan sesepuh, didampingi Bupati Sanggau, Paolus Hadi didampingi Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi, Dandim 1204/Sanggau, Letkol Inf Herry Purwanto, Kajari Sanggau, Idris M Shite, Ketua PN Sanggau, Arif Boediono para Raja se-Kalbar, KetuaPanitia dan Ketua MABM Sanggau.

    Sekembalinya, dari ritual Tolak Ajong di Sungai Kapuas ini, rombongan Bupati Sanggau Paolus Hadi sebelum memasuki gerbang Keraton Surya Negara kembali digelar rangkaian ritual Tepung Tawar dilaksanakan oleh sesepuh. Dan selanjutnya disambut dengan tarian sesembahan.

    Bupati Sanggau Paolus Hadi, dalam sambutannya sebelum membuka acara tersebut  mengungkapkan, dukungan Pemkab Sanggau pada kegiatan tersebut merupakan wujud dari kepedulian dan perhatian guna untuk pelestarian khasanah budaya dan tradisional masing-masing etnis.

    “Pemkab Sanggau sangat mendukung momen-momen seperti ini. Ini merupakan wahana untuk melestarikan budaya, sehingga tidak punah tergerus karena pengaruh budaya dari luar,” ungkap PH.

    Sementara itu Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara, Gusti Arman  mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sanggau atas dukungan yang secara rutin mensupport kegiatan tersebut sehingga bisa berlangsung kembali event tahunan ini.

    “Dan kami juga berterimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini, dan bersyukur karena Paradje Pasaka Negeri saat ini telah masuk dalam Warisan Budaya Tak Benda oleh pemerintah Pusat,” ungkapnya.

    Ketua panitia John Hendri dalam laporannya mengatakan mulai dari persiapan seremoni pembukaan, hingga berbagai perlombaan dan permainan rakyat akan berlangsung pada event tersebut dan dilaksanakan di kawasan kraton.

    “Semua ini hasil kerja keras tim panitia. Dan terima kasih atas dukungan Pemkab Sanggau dan berbagai pihak lainnya, atas terselenggaranya rangkaian kegiatan ini nantinya,” ujar Jhon Hendri.

    Dalam rangkaian seremoni pembukaan ini, dilaksanakan juga penganugerahan gelar kepada Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Herry Purwanto dan Surianto sebagai krabat Kraton Surya Negara.

    Prosesi penganugerahan gelar ini dilaksanakan wali negeri dan sesepuh Keraton Surya Negara dan Raja Sanggau Pangeran Ratu Surya Negara Gusti Arman.(DD)
    KOMENTAR