![]() |
Manajer PLN serahkan hadiah kepada Agennya |
SANGGAU(Suara Sanggau), PLN Sanggau berikan apresiasi kepada lima Agennya yang
terbanyak melakukan transaksi tagihan listrik secara Payment Poin Mobile pada
periode Agustus 2018 yang diserahkan langsung oleh Manajer PLN Area Sanggau, yang
diselengarakan di gelanggang olah raga Taman Sabang Merah Sanggau,jumat(14/9).
Manajer PLN Area Sanggau Didi Kurniawan Abuhari, mengatakan
saat ini PLN Area Sanggau memiliki 94 orang Agen yang tersebar diseluruh unit
dibawah wilayah kerja PLN Sanggau. Keberadaan agen-agen ini diharapkan dapat
meningkatkan serta mempermudah layanan kepada masyarakat yang ingin membayar
rekening listrik serta membeli voucher listrik prabayar.
"Melalui agen-agen yang tersebar dan bekerja secara
mobile ini diharapkan dapat mendekatkan layanan kita kepada masyarakat,
sehingga membantu sekaligus mempermudah masyarakat dalam membayar rekening
listrik tiap bulannya", ungkap Didi.
Dikatakannya pula, untuk memotivasi agen-agen yang ada, PLN Sanggau membuat program reward
bagi setiap Agen dilingkungan PLN Area Sanggau yang terbanyak melakukan
transaksi tagihan rekening listrik. Program ini dilakukan setiap bulan agar
dapat dengan mudah dipantau dan dievaluasi kinerjanya.
"Pemberian hadiah bukan menjadi tujuan utama, namun
yang terpenting adalah timbulnya rasa kepedulian petugas dalam meningkatkan
mutu layanan kepada masyarakat. Semakin kita dekatkan sistem layanan kepada
masyarakat tentunya akan mempermudah masyarakat dalam melunasi rekening
listriknya atau membeli voucher listrik", jelas Didi.
Sementara itu menurut Sutomo Saputra (29), salah seorang
penerima hadiah mengungkapkan bahwa menjadi agen tentunya mempermudah tugasnya
dalam melayani masyarakat.
“Dengan adanya petugas yang bergerak secara aktif mendatangi
rumah-rumah pelanggan PLN tentunya akan banyak mendatangkan keuntungan dan juga
masyarakat sangat terbantu dalam melunasi rekening listrik karena tidak perlu
datang ke kantor layanan PLN untuk membayar rekening listrik yang waktu
layanannya terbatas. Belum lagi biaya transportasi yang harus dikeluarkan dari
rumah ke kantor PLN,”kata Sutomo.
Ditambahkan Sutomo yang baru satu bulan menjadi Agen mendapatkan
banyak keuntungan yang dapatkannya. Selain mempermudah tugas saya dalam
melayani masyarakat, keuntungan finansial pun saya dapatkan dalam tiap-tiap
transaksi yang saya lakukan.
“Hasilnya lumayan buat tambahan penghasilan tiap bulannya,”ujarnya.
Ketika ditanya tentang penggunaan hadiah yang diterimanya,
pria yang sehari-harinya bertugas di PLN Unit Sosok ini mengatakan dengan bahwa
hadiah yang diterimanya in syaa Allah akan menjadi tambahan modal sebagai agen.
Sementara itu menurut Martinus(45), warga Sosok
mengungkapkan bahwa keberadaan petugas PLN yang merangkap sebagai agen dalam
pembayaran tagihan listrik secara online sangat membantu masyarakat. Terutama
yang sehari-harinya sibuk bekerja dan tidak memiliki waktu khusus untuk datang
ke kantor PLN dalam melunasi rekening listrik.
"Sepanjang hari saya bekerja di kebun sawit, sehingga
kadang lupa membayar rekening listrik. Untung saat ini PLN memilki petugas yang
datang ke rumah-rumah guna mempermudah masayarakat dalam melunasi rekening
listriknya, setiap hari dan nyaris 24 jam. Petugas PLN tersebut biasanya segera
datang ke rumah jika kami telpon kapan pun. Semoga PLN dapat terus meningkatkan
layanannya kepada masyarakat sehingga kami dapat menghemat waktu dan biaya saat
ingin membayar rekening listrik tiap bulannya", kata Yanto tersenyum.