CONNECT WITH US
  • Presidium pembentukan kabupaten Sekayam Raya aksi di Senayan

    Bagikan:
    Suasana aksi di Jakarta
    Jakarta (Suara Sanggau) - Bersama Forum Koordinasi Nasional (Forkonas) dalam rangka mendorong akselerasi pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) seluruh Indonesia, di DPD - DPR RI dan di depan Istana Presiden RI, Presidium Pembentukan DOB Kabupaten Sekayam Raya (KSR) bersama 317 daerah yang mengusulkan DOB mengadakan Aksi Nasional, Senin (24/9/2018).

    Aksi ini dilaksanakan berdasarkan undangan Forkonas Percepatan Pembentukan DOB Seluruh Indonesia No: 134/FKN-PPDOB-SI/IX/2018 tertanggal 13 September 2018 Perihal Audensi dengan Komite I DPD RI Dan Aksi Nasional.

    "Kami Presidium Pembentukan DOB Kabupaten Sekayam Raya (KSR) hari ini datang ke Senayan, mewakili daerah perbatasan. Kami daerah perbatasan sudah setia, tidak pernah memberontak dan tidak pernah meminta merdeka, tapi minta Daerah Otonomi Baru saja susah-susah. Sekarang kita menuntut janji pemerintah. Semua peraturan, semua persyaratan sudah dipenuhi oleh Sekayam Raya dan sudah dinyatakan pertama kali sebagai daerah yang lengkap dan benar persyaratannya namun sampai hari ini belum diwujudkan Daerah Otonomi Barunya," ungkap Cristo Lomon Ketua Umum Presidium Pembentukan Kabupaten Sekayam Raya.

    Hal senada juga disampaikan Ibau Ala, Ketua Presidium CDOB Apau Kayan sekaligus juga sebagai kepala Adat Besar Apau Kayan mengatakan, kedatangan mereka bersama dengan daerah yang mengusulkan DOB di seluruh Indonesia mengadakan Aksi Nasional tujuannya untuk mendesak dan menekan perintah pusat agar segera menetapkan/menerbitkan PP Desartada dan Detada sebagai dasar pengesahan usulan pembentukan DOB.

    Penulis: Nikodemus Niko
    Editor: Ucok

    KOMENTAR