CONNECT WITH US
  • Doel Soembang Tampil Di Acara Meungkeut Kadeuduh Baraya Sunda 2018

    Bagikan:

    Doel Sumbang
    SANGGAU(suarasanggau), Pemerintah Kabupaten Sanggau bersama Paguyuban Pasundan Kabupaten Sanggau mengelar acara Meungkeut Kadeuduh Baraya Sunda 2018 dengan tema Kuatkan Tekad, Satukan Niat Menuju Sanggau Bermartab, Sanggau Bangga Mengukir Sejarah, yang juga mendatangkan penyanyi Doel Soembang arti ibukota yang berlangsung di Lapangan Komplek Sabang Merah Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, sabtu(20/10).

    Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Sanggau Paoulus Hadi, Wakil Bupati Sanggau  Yohanes Ontot, Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi, Kajari Sanggau diwakili oleh Heru Pujiono, Dandim 1204/Sanggau diwakili Kasdim 1204/Sanggau, Mayor Inf Rendra Satrio Wibowo, dan Para OPD Kabupaten Sanggau.

    Bupati Sanggau Paoulus Hadi, dalam sambutannya mengatakan bahwa Negara kita ini dihuni dari berbagai suku bangsa di Indonesia terutama di Kabupaten Sanggau, Untuk itu pemkab Sanggau mengapresiasi budaya yang ada di daerah ini seperti melayu dengan Parajde, Dayak acara Gawainya, Cap gomeh oleh Etnis Tinghoa , Jawa dengan Gawe Guyub Guna (G3) di satu Suro dengan ciri khasnya wayang kulit dan untuk ke dua kalinya kebudayaan sunda di Kabupaten Sanggau ini.

    “Jadi sudah ada 5 kebudayaan di daerah kita ini, Dan seperti kita ketahui Jumlah orang sunda yang ada di Wilayah  ini mencapai kurang lebih 5000 ribu orang,”kata Bupati.

    Ditambahkan Paolus Hadi bahwa Kita bersyukur untuk di wilayah kita masih diberikan keselamatan dan terhindar dari bencana alam seperti di daerah lain yang saat ini sedang mengalami kesedihan dan mari kita doakan semoga diberikan kekuatan.

    “Saya harapkan untuk budaya lainnya bisa di tampilkan di Kabupaten Sanggau,”harap Paolus Hadi.

    Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi, yang juga memberikan sambutan pada acara itu menyampaikan di seluruh kalbar baru kabupaten sanggau yang mengakomodir kegiatan paguyuban ini, untuk mengekspresikan kebudayan yang ada di Kabupaten Sanggau.

    “Sebagai sarana untuk mempererat tali silahturahmi dalam membangun Sanggau yang makmur, maju dan terdepan,”kata Kapolres.

    Kapolres juga mendoakan Semoga dan mudah-mudahan karir bupati bukan hanya sampai kabupaten Sanggau saja akan tetapi sampai Provinsi.

    “Kita harus Saling bahu membahu dalam pembangunan agar kedepan sanggau bisa menjadi maju dan sejahtera,”ucapnya.

    Ketua Paguyuban Kabupaten Sanggau Abdul Rahman, mengucapkan banyak terima kasih kepada para tamu undangan yang telah meluangkan waktunya menghadiri acara pagelaran Budaya Meungkeut Kadeudeuh Baraya Sunda, Pasundan Sanggau, Sekabupaten Sanggau.

    “Paguyuban Pasundan dari asal kata bahasa sunda Guyub artinya kebersamaan, jadi paguyuban pasundan adalah Kebersamaan kita dalam pergaulan sehari-hari,”ujar Abdul Rahman.

    Kita sebagai warga yang baik, marilah bersama-sama meningkatkan kreativitas untuk menciptakan karya nyata memelihara dan melestarikan budaya bangsa.

    “Paguyuban Pasundan Sanggau didirikan pada tanggal 5 April 2012 dan Alhamdulilah atas kebersamaannya sudah makin berkembang untuk itu kita harus benar-benar menjaga nama baik Paguyuban Pasundan dari perbedaan Ras dan perbedaan pendapat, mari kita bangun kepedulian kita , jauhkan dari sifat Senang Melihat Orang Susah dan Susah Melihat Orang Senang. Artinya kita harus lebih meningkatkan kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang memerlukan bantuan sesuai dengan kemampuan, sehingga kita tetap abadi selamanya,”ucapnya.

    Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana  Rani Rahmawati, menatakan melalui Paguyuban Pasundan Kabupaten Sanggau ini salah satunya berkiprah mengajak elemen masyarakat lain bersama-sama melalui Budaya, Sosial dan Ekonomi dalam membangun Kabupaten Sanggau yang kita cintai menjadi lebih sejahtera, damai dan bermartabat.

    “Kami menghaturkan terima kasih atas dukungannya dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada bapak Bupati Sanggau selaku pelindung serta sponsor yang berpartisipasi dalam melancarkan rangkaian pelaksanaan acara ini,”kata Rani.

    Tidak lupa juga kami ucapkan kepada Aparat keamanan baik Polri, TNI, Satpol PP, maupun pengamanan swakarsa lainnya yang telah berperan dalam menciptakan suasana tertib dan lancar serta kesediaan Kang Doel Sumbang beserta Crue yang berkenan hadir untuk menghibur warga Kabupaten Sanggau pada malam hari ini.

    “Tak lupa pula kami sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya, apabila dalam pelaksanaan acara ini ada hal-hal yang kurang berkenan dihati bapak ibu serta hadirin sekalian dan tamu undangan dan hadirin sekalian,”pungkasnya.

    Pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan Cindera Mata oleh Bapak  Nana Sutrisna kepada Bupati Sanggau Paoulus Hadi, dan dilanjutkan Jaipongan yang dibawakan oleh Alya, serta Puncak acara hiburan penampilan dari penyanyi Doel Soembang yang menampilkan beberapa lagu sebagai penghibur masyarakat Pasundan di Kabupaten Sanggau.
    KOMENTAR