CONNECT WITH US
  • Polres Sanggau Lounching Program Desa Kamtibmas

    Bagikan:

    Dirbinmas Polda Kalbar, Bupati Sanggau, Kapolres Sanggau dan Kasdim 1204/Sgu Saat melounching Program Desa Kamtibmas

    SANGGAU(suara sanggau), Dalam rangka mendukung program pemerintah Kabupaten Sanggau untuk Sanggau yang aman, tentram, damai dan sejahtera, Polres Sanggau Melounching Program Desa Kamtibmas di halaman Polres Sanggau(16/10).

    Bupati Sanggau Paolus Hadi saat memberikan sambutan pada acara tersebut mengatakan bahwa untuk desa kamtibmas yang sedang dipersiapkan untuk dilaksanakan ini karena keamanan adalah hal terpenting sebagai bagian dari desa mandiri.

    “Ini menjadi bagian penting yang harus kita wujudkan bersama,” ungkap Paolus Hadi disaat menghadiri dan melounching program desa Kamtibmas Polres Sanggau.

    Bupati Sanggau juga mengatakan Peluncuran program desa Kamtibmas ini sesuai dengan visi misi Bupati Sanggau karena Pemerintah Daerah juga telah melaksanakan Desa fokus. Dengan diluncurkannya program desa Kamtibmas oleh Polres Sanggau ini sehingga semakin sinergis.

    “Sekarang kita tidak sendiri lagi, kita disuport polri dengan untuk mewujudkan Desa mandiri. Mandiri dari sisi keamanan dan yang lainnya,” kata Bupati.

    Bupati berharap program desa Kamtibmas itu terus berlanjut karena Kapolres mengatakan bahwa ini bagian dari ikon sehingga ke depan akan dilombakan, akan ada Kamtibmas Award dan kita mensuport gagasan itu.


    “Kita wajib mensuport desa kamtibmas ini, salah satunya para Babhinkamtibmas ini harus tetlibat dalam perencanaan desa atau musyawarah desa,” kata Paolus Hadi.

    Pada kesempatan itu Dirbinmas Polda Kalbar, Kombes Pol Mujiyono yang turut hadir dalam lounching menyampaikan bahwa program desa Kamtibmas adalah program Polda Kalbar sesuai perintah Kapolda Kalbar dan perintah Undang – undang dan  Kabupaten Sanggau, melalui Polres Sanggau adalah Kabupaten pertama di Kalbar yang melounching program desa Kamtibmas.


    “Maka seluruh Babhinkamtibmas wajib ada di desa dalam rangka kita mendorong pembangunan yang ada di desa – desa,”ujar Mujiyono.

    Sanggau telah ada program  Desa fokus, pembangunan desa fokus tidak akan terwujud tanpa keamanan di desa, dengan adanya program ini diharapkan percepatan pembangunan di desa cepat terwujud.


    “Saya minta Babhinkamtibaa selalu bekerjasama dengan Babhinsa, dengan aparat Desa dan para tokoh maayarakat setempat,” pesannya.

    Ditambahkan Dirbinmas Polda Kalbar ini bahwa Babhinkamtibas juga diminta harus membantu setiap kesulitan warga, misalnya masalah pendidikan, ada warga yang buta huruf Babhinkamtibmas harus bisa mengajar dan harus memotivasi anak – anak supaya bersekolah.

    "Agar terwujudnya pendidikan sembilan tahun,”harap Kombes Mujioyono.

    Sementara itu Kapolres Sanggau AKBP. Imam Riyadi menyampaikan tujuan dilounchingnya program desa Kamtibmas ini adalah mewujudkan Kamtibmas di Desa yang kondusif dan aman, yang harus diwujudkan dari bawah dan Polri harus juga selaras dengan Program Pemerintah Daerah.


    “Leading sektornya para Babhinkamtibmas, tiga pilar ini harus berjalan dan berperan aktif bisa memetakan permasalahan yang ada di masyarakat,” kata Kapolres.

    Para Babhinkamtibmas inipun sudah kita bekali dengan berbagai ilmu dan pengetahuan serta keterampilan yang akan menjadi modal memetakan persoalan dimasyarakat.

    “Tadi Pak Bupati juga mendukung, nanti satu Kecamatan akan kita ambil satu perwakilan untuk dilombakan dalam ajang Kamtibmas Award ditingkat Kabupaten Sanggau,” pungkas Kapolres.

    Hadir juga dalam acara tersebut Kasdim 1204/Sgu Mayor Inf. Rendra Satrio Wibowo, Para Kapolsek, Para Danramil, para Camat, para Kades, Babhinkamtibmas se Kabupaten Sanggau, para Babhinsa, instansi vertikal dan Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Sanggau.(DD)
    KOMENTAR