CONNECT WITH US
  • Sampoerna Agro datangkan tenaga pendidik dari AS di SMAN 1 Menyuke

    Bagikan:
    Mr.Young tenaga pendidik dari AS saat foto bersama guru dan siswa di SMAN 1 Menyuke

    Landak (Suara Sanggau) – Tahun ini ada yang berbeda dalam peringatan hari Sumpah Pemuda di SMA Negeri 1 Menyuke Kabupaten Landak. Salah satu sekolah yang mendapat Lighthouse School Program (LSP) dengan pendanaan dari PT.Sampoerna Agro bekerjasama dengan Sampoerna University School Development Outreach (SU-SDO), serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Barat ini melibatkan satu orang warga Negara asing dari Amerika Serikat menjadi bagian dari warga sekolah dalam kegiatanEnglish Teaching Assistance (ETA).

    Calvin Young, seorang Purnawirawan Angkatan Darat Amerika Serikat yang berpangkat kapten ini menjadi guru pendamping di SMA Negeri 1 Menyuke terhitung sejak 9 Agustus 2018 sampai 26 Oktober 2018.

    “Kehadiran Mr. Young merupakan bentuk nyata komitmen program LSP dalam memberikan pengalaman belajar secara autentik dan praktikal terutama di bidang Bahasa Inggris melalui kegiatan ETA” kata Project Leader SDO untuk Landak, Yudo Hato Balibo Timtim di Menyuke, Jumat (26/10/2018) disela kegiatan Sumpah Pemuda.

    Kepala SMAN 1 Menyuke  Mateus Budi Santoso mengatakan, kegiatan ETA memberikan kesempatan kepada sekolah untuk mendapatkan pengalaman internasionaldengan berinteraksi langsung kepada penutur asli Bahasa Inggris.

    “Mr. Young tidak hanya terlibat dalam pengembangan keterampilan berbahasa Inggris bagi warga sekolah, namun beliau juga terlibat hampir di seluruh kegiatan guru dan kesiswaan,” Budi Santoso,

    Samion salah satu guru di SMAN 1 Menyuke mengaku selama ini dirinta belum pernah berkomunikasi dalam bahasa Inggris. “Namun sejak kedatangan Mr. Young di SMA Negeri 1 Menyuke, setiap hari saya menyempatkan untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris yang tentu saja dibantu oleh Mr. Young” kata Samion.

    Sementara itu, Mr. Young mengaku, ia memiliki pengalaman sebagai pendidik di komunitas di negara asalnya. “Saya juga menjadi bagian dari kelompok pemerhati lingkungan internasional dan dengan latar belakang yang saya milik itu, banyak hal yang telah saya lakukan dengan guru dan siswa SMA Negeri 1 Menyuke,” kata Mr. Young  dengan bahasa ingrisnya saat diwawancara awak media.

    Laki-laki yang berperawakan tegap dan memiliki tinggi lebih dari 2 meter ini kerap kali terlibat aktif pada kegiatan di Darit. Selama bertugas sebagai sukarelawan, Mr. Young tinggal di salah satu rumah warga sekolah dan menjadi bagian dari keluarga Joni, Kepala Tata Usaha SMA Negeri 1 Menyuke yang memilikikediamantidakjauhdarisekolah.

    Kegiatan peringatan hari Sumpah Pemuda yang dibarengi dengan penutupan kegiatan ETA ini menampilkan pertunjukan bahasa, seni dan budaya yang ditampilkan oleh siswa SMA Negeri 1 Menyuke. Salah satu yang menarik dari pertunjukan iniadalah drama musical yang menggunakan bahasa Inggris dalam setiap dialognya.

    “Mr. Young dan guru Bahasa Inggris kami berkolaborasi dalam membuat scenario dan membantu kami mengucapkan dialog dalam bahasa Inggris,” tutur Satrio siswa pemeran utama pria dalam pertunjukan drama.

    Pertunjukanini juga melibatkan beberapa anggota ekstrakurikuler seperti tari tradisional dan paduan suara yang menambah kekayaan cerita drama tersebut.

    Kasi Kurikulum dan Penilaian SMA Disdikbud Kalbar, Vivi mengaku sangat bangga dapat menyaksikan kegiatan yang merupakan hasil kerjasama penutur asli bahasa Inggris dengan warga local dalam berkontribusi terhadap pendidikan Indonesia, khususnya di kabupaten Landak Kalimantan Barat.

    “Kegiatan ini menjadi bukti bahwa dalam perkembangan abad 21, interaksi antarnegara menjadi hal yang lumrah. Oleh sebab itu sudah saatnya peserta didik kita perlu untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris sebagai bekal bersaing di dunia global,” kata Vivi, yang menghadiri peringatan hari Sumpah Pemudatersebut.

    ***
    Sekilas tentang Sampoerna Agro
    PT Sampoerna Agro Tbk, bersama lima anak usahanya yang berlokasi di kabupaten Landak, merupakan salah satu perusahaan agribisnis yang terkemuka di Indonesia. Hingga akhir 2016, luas lahan tertanam perusahaan, yang terdiri dari kebun kelapa sawit, sagu dan karet, mencapai lebih dari 160.000 hektar. Sampoerna Agro dicatatkan dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia dengan kode SGRO. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan kunjungi laman resmi perusahaan http://www.sampoernaagro.com/

    Sekilas tentang Sampoerna University
    Sampoerna University merupakan institusi pendidikan tinggi yang menawarkan gelar pendidikan terakreditasi dari Universitas ternama di Amerika Serikat. Melalui 3 fakultas yang dimilikinya, yaitu Fakultas Teknik dan Teknologi, Fakultas Bisnis, dan Fakultas Pendidikan. Sampoerna University berupaya memberikan solusi dan menjawab kebutuhan industri terkait sumber daya manusia berkualitas, baik di Indonesia maupun dunia. Tekad Sampoerna University untuk memberikan akses pendidikan internasional, didasari pada optimisme yang tinggi terhadap potensi unik dan talenta generasi muda Indonesia.

    Sebagai bagian dari Sampoerna University, divisi School Development Outreach (SDO) merupakan penyedia layanan pendidikan yang bertujuan meningkatkan mutu sekolah dan tenaga pendidik di Indonesia agar dapat bersaing secara global. School Development Outreach menjalankan serangkaian program komprehensif dan berkesinambungan yang bertujuan untuk Pengembangan Sekolahbermutu melalui Lighthouse School Program dan Peningkatan Kualitas Pendidik melalui Program Pengembangan Pusat Belajar Guru (Teachers Learning Centre)

    School Development Outreach telah menyediakan pelatihan ekstensif ke lebih dari 22,000 tenaga pengajar, kepala sekolah, pengawas dan pengelola sekolah. Melibatkan diri dalam peningkatan kualitas pendidikan di 568 sekolah dan 25 madrasah, serta membangun 6 pusat belajar guru di berbagai lokasi di Indonesia  Untuk keterangan lebih lanjut, kunjungi www.sampoernauniversity.ac.id

    Penulis: Rilis/Tim Liputan
    Editor: Mi2




    KOMENTAR