CONNECT WITH US
  • 25 WNI Berhasil Dibebaskan

    Bagikan:

    ENTIKONG (suarasanggau.co.id),  Sebanyak 25 WNI yang ditangkap Tentara Darat Malaysia (TDM) Pos Tebedu, Serian wilayah Sarawak berhasil dibebaskan oleh Satgas Pamtas Yonif 511/DY Blitar.
    25 orang WNI asal perbatasan itu diamankan pihak TDM ketika mengelar patroli di perbatasan RI-Malaysia, tepatnya di sayap kiri PLBN Entikong.
    Selama ini sayap kiri di PLBN kerap digunakan untuk mengeluarkan barang-barang illegal dari Malaysia melalui jalur tikus untuk diselundupkan ke Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.
    “Kejadianya kemarin siang pukul 11.40 WIB, mereka diamankan oleh TDM dekat patok batas negara D126. Adanya informasi penangkapan itu segera ditelusuri Pamtas dan berhasil melakukan negosiasi untuk membebaskan 25 WNI asal Kecamatan Entikong, kata Danyon 511/DY, Letkol Inf Jadi,(20/11).

    Disampaikanya, setelah dilakukan pengecekan bersama oleh anggota Satgas Pamtas dan TDM ditemukan 30 karung barang illegal yang berisi ikan, sosis, daging serta bahan pangan lainnya yang dibawa oleh para WNI ini.

    Pihak TDM bersikukuh untuk melakukan proses hukum bagi 25 WNI yang diamankanya ketika mengelar patroli.
    “Awalnya tentara Malaysia bersikeras membawa puluhan WNI tersebut untuk diproses lebih lanjut ke Polisi dan Bea Cukai Malaysia. setelah kita negosiasi akhirnya mereka dilepaskan, sedangkan 30 karung barang illegal disita dan dibawa kembali ke Tebedu untuk diserahkan kepada Custom,” ujar Jadi.

    25 orang warga perbatasan yang akhirnya dibebaskan setelah melalui proses negosiasi yang cukup ulet, bisa dibawa ke PLBN untuk diberikan peringatan dan himbauan untuk tidak mengulangi lagi memasok barang asal Malaysia secara illegal.
    “Kita berharap jangan ada lagi kasus serupa, semoga ini yang terkahir.” pungkas Danyon 511/DY,letkol Inf Jadi. (agus a)
    KOMENTAR