CONNECT WITH US
  • Pemilu, potensi tingkat kerawanan di Sanggau tinggi

    Bagikan:
    Akhmad Zaini
    Sanggau (Suara Sanggau)- Kabupaten Sanggau memiliki potensi tingkat kerawanan yang cukup tinggi Pemilu,mulai dari tingkat kerawanan sedang hingga tingkat kerawanan tinggi.

    Hal tersebut dikatakan Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Kabupaten Sanggau, Akhmad Zaini kepada wartawan (15/1/2019) .

    Ia mengatakan indeks kerawanan pemilu yang ditetapkan oleh Bawaslu Republik Indonesia berdasarkan penilaian terhadap penyelenggaraan Pemilu sebelumnya di Kabupaten Sanggau.

    "Pada Subdimensi keamanan, Bawaslu Kabupaten Sanggau menduduki peringkat satu kerawanan dengan skor 66.67 masuk dalam kategori kerawanan tinggi,"urainya.

    Subdimensi otoritas penyelenggara pemilu, Bawaslu Kabupaten Sanggau mendapati skor 53.61 masuk dalam kategori kerawanan sedang. Subdimensi penyelenggara negara, Bawaslu Kabupaten Sanggau mendapat skor 48.94 masuk dalam kategori kerawanan sedang.

    "Subdimensi relasi kuasa di tingkat lokal, Bawaslu Kabupaten Sanggau mendapat skor 66.00 masuk dalam kategori kerawanan tinggi. Subdimensi hak pilih, Bawaslu Kabupaten Sanggau mendapat skor 54.55 masuk dalam kategori kerawanan sedang,"jelasnya.

    Subdimensi Kampanye, Bawaslu Kabupaten Sanggau mendapat skor 66.67 masuk dalam kategori kerawanan tinggi. Subdimensi pelaksanaan pemungutan suara, Bawaslu Kabupaten Sanggau mendapat skor 52.22 masuk dalam kategori kerawanan sedang.

    "Subdimensi ajudikasi keberatan pemilu, Bawaslu Kabupaten Sanggau mendapat skor 68.75 masuk dalam kategori kerawanan tinggi. Subdimensi pengawasan pemilu, Bawaslu Kabupaten Sanggau mendapati skor 37.50 masuk dalam kategori kerawanan sedang. Subdimensi hak politik terkait gender, Bawaslu Kabupaten Sanggau mendapat skor 100.00 masuk dalam kategori kerawanan tinggi,"ungkapnya.

    Subdimensi Representasi minoritas, Bawaslu Kabupaten Sanggau mendapat skor 50.00 masuk dalam katogori kerawanan sedang.
    Subdimensi proses pencalonan, Bawaslu Kabupaten Sanggau mendapat skor 62.32 masuk dalam kategori kerawanan sedang.

    Subdimensi partisipasi pemilih, Bawaslu Kabupaten Sanggau mendapat skor 52.63 masuk dalam kategori kerawanan sedang. Subdimensi partisipasi masyarakat, Bawaslu Kabupaten Sanggau mendapat skor 40.54 masuk dalam kategori kerawanan sedang. Subdimensi partisipasi kandidat, Bawaslu Kabupaten Sanggau mendapat skor 40.00 masuk dalam kategori kerawanan sedang. Subdimensi partisipasi publik, Bawaslu Kabupaten Sanggau mendapati skor 42.86 masuk dalam kategori kerawanan sedang.

    “Dari 16 subdimensi yang telah ditetapkan oleh Bawaslu RI yang saya beberkan, dapat disimpulkan bahwa Kabupaten Sanggau menempati 5 kategori kerawanan tinggi dan 11 kategori kerawanan sedang se Kalbar,” ujar Zaini.

    Untuk mencegah dan menekan angka kerawanan Pemilu tersebut ungkapnya, Bawaslu Kabupaten Sanggau telah melakukan berbagai langkah, diantaranya dengan melakukan capacity building terhadap pengawas hingga jajaran paling bawah, meningkatkan partisipasi masyarakat dengan metode pengawasan partisipatif, membangun sistem informasi pemilu yang dapat diakses hingga ke wilayah perdesaan dan mengawasi pemilu bersama multi stakeholder.

    “Jadi langkah-langkah ini yang kita tempuh. Harapan saya tentunya kerawanan tinggi dan kerawanan sedang yang ada di daerah ini dapat kita tekan semaksimal mungkin sehingga dapat menghasilkan pemilu yang berintegritas,” ujar Akhmad Zaini.

    Penulis: Hermansyah
    Editor: Kun
    KOMENTAR