CONNECT WITH US
  • Bawaslu Sanggau Gelar Rakor Tentang Sengketa Pemilu Tahun 2019

    Bagikan:
    Sanggau (Suara Sanggau) - Bawaslu Sanggau melakukan kegiatan rapat koordinasi tentang sengketa dalam tahapan pemilu tahun 2019 yang dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Sanggau Alipius, SH., dihadiri komisioner lainnya beserta Staff,  pagi ini di Safira Hotel Sanggau, Jumat tanggal 15 Februari 2019 sekitar pukul 8.00 Wib.

    “Peserta pada rakor kali ini adalah jajaran Panwaslu tingkat kecamatan se Kabupaten Sanggau, Parpol dan media massa,” ungkap Korsek Bawaslu Sanggau, Heronimus Tabrani Wasis, Jumat (15/2/2019).

    Bawaslu Prov Kalbar Bapak Hawad Sriyant selaku pemateri menyampaikan tentang tata cara penanganan sengketa pemilu.

    "Ada tahapan dan proses yang harus dilalui dalam penanganan sengketa pemilu, hal ini sesuai perintah undang-undang. Jika proses dan tahapan sudah habis dilalui, baru ke Pengadilan Tata Usaha Negara (TUN)," terangnya.

    Lebih lanjut dijelaskannya, dengan berbagai polemik yang ada, MA mengeluarkan tiga perma khusus Pemilu 2019. Terlebih undang-undang yang dijadikan acuan Pemilu 2019 juga baru.

    "Perma ini diproses, diadakan, karena menghadapi masalah semacam ini. Jadi sebelumnya perma ini nggak ada. Karena apa? Karena undang-undangnya sudah baru, UU Pemilu," ungkapnya.

    MA menilai ini terbukti dengan sudah adanya laporan ke Bawaslu. Laporan ini diajukan beberapa partai politik terkait pendaftaran parpol.

    "Sekarang saja sudah ada tanda-tanda KPU menolak. Bisa saja kurang syarat, bisa saja macam-macam, ya. Atau syarat-syarat yang tidak dipenuhi sehingga KPU mengeluarkan keputusan. Tapi saya kan juga belum tahu karena belum ada keputusan KPU," pungkasnya.

    Penulis : Cecep
    Editor  : Nikodemus Niko
    KOMENTAR