CONNECT WITH US
  • Bawaslu Sanggau Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Pastisipatif

    Bagikan:
    Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif
    (Bawaslu Kab. Sanggau)

    SANGGAU (Suara Sanggau) - Untuk lebih mengintensifkan peran masyarakat dalam mengawasi Pemilu 2019, Bawaslu Kabupaten Sanggau menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif di Emerald Hotel Jln. Jendral Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas, Jumat (22/2) siang.

    Acara sosialisasi tersebut dibuka secara langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Sanggau Alipius, SH., dihadiri oleh seluruh Komisioner Bawaslu Sanggau, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan pelajar.

    Heronimus Tabrani Wasis, Koordinator Sekretariat Bawaslu Sanggau yang juga penanggungjawab kegiatan dalam sambutannya menyampaikan, dasar hukum dari kegiatan ini adalah UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Atas dasar itulah dipandang penting bagi Bawaslu Sanggau untuk melaksanakan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif tahun 2019.

    Lebih lanjut dikatakannya, dalam acara ini akan ada deklarasi damai dengan melibatkan berbagai pihak dalam mensukseskan Pemilu berintegritas dan damai.

    "Sosialisasi Pemilu damai dan berintegritas ini merupakan bagian dari pengawasan Bawaslu Sanggau dalam melakukan pencegahan, pengawasan dan penegakan dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2019," jelasnya.

    Tambahnya, maksud dari kegiatan tujuanbya untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang cara kerja atau manajemen pengawasan Pemilu tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 dengan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan pelajar se Kota Sanggau.

    Dengan diberikannya sosialisasi ini, para peserta yang hadir diharapkan dapat memahami bagaimana cara melakukan pengawasan Pemilu partisipatif sehingga pelanggaran Pemilu dapat dicegah atau diminimalisir.

    "Diakhir acara nanti kita ada penandatangan deklarasi tolak dan lawan politik uang dan politik SARA untuk Pemilu berkualiatas," pungkasnya. 

    Untuk pemateri disampaikan oleh seluruh Komisioner Bawaslu Sanggau dan Komisioner Bawaslu Provinsi Kalbar.

    Sebelum membuka secara resmi kegiatan tersebut, Ketua Bawaslu Sanggau Alipius, SH dalam sambutannya menyampaikan, Pemilu adalah sarana kedaulatan rakyat untuk memilih presiden dan para wakilnya di DPD, DPR, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota. Oleh karena itulah pentingnya peran masyarakat melakukan pengawasan. Kegiatan ini adalah salah satunya. 

    "Oleh karenanya, kami tidak henti - hentinya mengajak masyarakat berperan aktif melakukan pengawasan tahapan Pemilu," katanya. 

    Berdasarkan indek kerawanan Pemilu, sebelumnya Kalbar memiliki tingkat kerawanan tinggi, namun setelah Kalbar melewati tahapan Pilkada tahun 2018 kemarin Kalbar masuk kategori teraman di Indonesia. Walau demikian di Pemilu 2019 ini harus kita awasi sungguh-sungguh supaya tidak ada gejolak yang terjadi.

    "Pemilu 2019 ini berbeda karena diikuti dua pasangan Carpres dan Cawapres, Partai Politik dan Caleg. Sehingga pengawasan partisipatif dari masyarakat menjadi sangat penting," tutupnya. (DD)

    Editor   : Nikodemus Niko
    KOMENTAR