CONNECT WITH US
  • Ini Pesan Bupati Sanggau Saat Pembukaan TMMD di Sebungkuh

    Bagikan:

    Kembayan (Suara Sanggau), - Bupati Sanggau membuka secara resmi TMMD Regtas ke-104 Kodim 1204/Sgu tahun 2019 di Lapangan Bola Sebongkuh, Desa Sebongkuh, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau, Selasa (26/2/2019). 

    TMMD yang digelar selama 34 hari ini akan dipusatkan di tiga desa di Kecamatan Kembayan yakni Sebongkuh, Semayang dan Tanjung Bunga. 

    Komandan Upacara, Kapten Inf Warsidi dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan TMMD dilaksanakan 26 Februari - 27 Maret 2019 dengan melibatkan 150 personel. Terdiri dari 14 Dansatgas dan Kodim 1204/Sgu, 71 personel Yonif 642/Kapuas, 3 orang Satkes, 12 personel Yon Zipur 6, 5 personel TNI AL, 10 personel TNI AU, 10 personel Polri dan 25 tim asistensi/penyuluh.

    Adapun sasaran fisik, disampaikannya, berupa peningkatan pembangunan badan jalan sepanjang 19,6 Km dengan lebar 6 meter, pembangunan 2 unit jembatan kayu 4 × 4 meter dan 4 × 12 meter serta perehaban 1 unit jembatan kayu 4 x 16 meter. 

    Kemudian sasaran non fisik, lanjut Warsidi berupa kegiatan penyuluhan yang meliputi penyuluhan bela negara dan wawasan kebangsaan, bahaya narkoba, Karhutla, hukum dan kamtibmas, pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan, KB Kes, bakti sosial serta pemutaran film penerangan dan hiburan rakyat. 


    Dalam amanatnya, Bupati Sanggau Paolus Hadi (PH) mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kebersamaan dan semangat gotong royong. Hal itu disampaikan bupati dua periode ini saat membuka TMMD Regtas ke-104 Kodim 1204/Sgu di Lapangan Sepak Bola Sebongkuh, Desa Sebongkuh, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau.

    "Ayo kita gotong-royong, jangan ada yang menghambat kegiatan ini. Ayo temenggung, kepala adat, bantu. Jangan sikit-sikit main adat. Kita kerja sama-sama. Jangan jadi penonton jak. Kita bantu bapak-bapak TNI ini," ujar Bupati. 

    Secara umum, kata PH, tujuan TMMD adalah membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan fisik maupun non fisik dan memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat. 

    TMMD, sambung Bupati, merupakan wujud dari salah satu nawa cita Presiden RI yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. "Melalui TMMD kita tingkatkan kebersamaan umat serta gotong royong dalam kehidupan berbangsa dan bernegara guna wewujudkan ketahanan nasional," tandasnya. 

    PH uga menyampaikan terima kasih kepada jajaran TNI atas terselenggaranya TMMD ini.

    "Semoga dapat terus berlanjut dan lebih baik lagi pada masa yang akan datang. Dan anggaran disediakan dari dukungan pemerintah daerah yang disetujui DPRD Sanggau, sehingga sasaran fisik bisa dilaksanakan," katanya. 

    Pada kesempatan ini, Bupati mengingatkan perusahaan yang ada di wilayah Kembayan untuk membantu pemerintah daerah membangun infrastruktur. 

    "Saya ingatkan pengusaha-pengusaha yang ada di sini, yang punya kebun besar di sini. Jangan hanya bisa pakai jalan. 

    Kalian sudah banyak duitnya. Tolonglah, kalau jalan rusak bawalah se-dump dua dump. Jangan tahu hanya makai, nanti dia yang pertama memprovokasi bilang pemerintah tidak mampu. Padahal dia yang hancur jalan. Investor yang melewati jalan ini mudah-mudahan kedepan sadar," tegas PH. 

    Perhelatan Pemilu 2019 juga tidak luput dari sorotan Bupati. Ia mengingatkan masyarakat untuk datang ke TPS pada 17 April 2019.

    "Jangan golput, gunakan hak pilih untuk memilih calon pemimpin dan calon anggota legislatif," pungkasnya. 

    Hadir dalam upacara pembukaan TMMD, Kasrem 121/Abw, Kolonel Inf Achmad Solihin, Staf Ahli Bidang Ekonomi Kodam XII/Tpr, Kolonel Inf Asep Nurdin, Dandim 1204/Sgu, Letkol Inf Herry Purwanto, Ketua DPRD Sanggau, Jumadi, sejumlah Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Camat Kembayan, Inosensius Nono, perwakilan instansi vertikal, sejumlah kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat serta para pelajar. (DD)

    Editor : Nikodemus Niko
    KOMENTAR