CONNECT WITH US
  • Alipius: Perusahaan Jangan Halangi Karyawannya Untuk Memilih

    Bagikan:
    Alipius, SH., Ketua Bawaslu Sanggau

    Sanggau (Suara Sanggau) - Pengawas TPS Kabupaten Sanggau seluruhnya berjumlah 1642 orang. Mereka semuanya sudah kita lantik secara bertahap selama tiga hari berturut turut  yang dimulai tanggal 25, 26, 27 Maret 2019. Pada hari pertama pelantikan  dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2019 di lima kecamatan yakni, Kecamatan Kapuas, Balai Batang Tarang, Meliau, Entikong dan Kembayan. Pelantikan ke dua  tanggal 26 Maret 2019, meliputi kecamatan Jangkang, Toba, Sekayam, Bonti dan Tayan Hulu. Sedangkan hari ketiga dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2019, bagi mereka yang berdomisili kecamatan Parindu, Beduai, Noyan, Tayan Hilir dan Mukok, kata Alipius, SH., Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sanggau, Kamis (28/3/2019).

    Alipius menjelaskan, tugas tenaga Pengawas TPS, sesuai SK berlaku satu bulan penuh, dan Bawaslu Sanggau siap mengawasi sampai ke TPS.

    Dalam memberikan keterangan, Ketua Bawaslu didampingi Komisioner, Saparudin dan Fredy Nazri, serta Korsek Hero Wasis. Ia juga mengharapkan masukan dari Panwas. Pengawas berwenang menyampaikan saran perbaikan, keberatan jika menemui permalahan.

    "Mereka keduanya sudah kita bekali melalui Bintek guna menambah keterampilan dan pengetahuannya, bahkan kesemuanya itu secara tehnis telah dijabarkan dalam peraturan Bawaslu RI No 1 Tahun 2019. Oleh sebab itu, kami meminta perusahaan tidak menghalangi tenaga kerjanya (buruh) untuk menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019 nanti, baik pilpres maupun Pileg. Tugas dan wewenang serta kewajiban tenaga pengawas TPS ini sesuai pasal 114, 115 dan 116 UU No 7 tahun 2017,” kata Ketua Bawaslu Sanggau menjelaskan.

    Penulis : Hermansyah
    Editor   : Nikodemus Niko
    KOMENTAR