CONNECT WITH US
  • Bupati Sanggau: Dukung Pemda Wujudkan Sanggau Terang, Masyarakat Jangan Mudah Termakan Isu Hoax

    Bagikan:
    Audiensi pembangunan proyek infrastruktur ketenagalistrikan

    Sanggau (Suara Sanggau) - Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si memimpin kegiatan audiensi pembangunan proyek infrastruktur ketenagalistrikan di lingkungan PT. PLN (Persero) UPP Kalimantan Bagian Barat (KBB) 2, bertempat di Ruang Musyawarah Lantai Satu Kantor Bupati Sanggau, Kamis (21/3).

    Bupati didampingi sejumlah kepala OPD dan Muspida Sanggau. Sementara dari pihak PT.PLN dihadiri Manajer UPP Pembangkit dan Jaringan Kalbar 2 UIP Kalimantan Bagian Barat. PT. PLN dalam hal ini diwakili oleh Manajer Logistik Adliansyah, Manajer Pertanahan PT.PLN Area Kalbar Rajunirahim,

    Kepala Dinas Penanaman modal perizinan terpadu satu pintu (PMPTSP) Kabupaten Sanggau Drs.Joko Prihanto, menyampaikan pada audensi  Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau  dari PLN, terkait pembangunan struktur kelistrikan.

    Perlu kami sampaikan, terkait dengan kondisi listrik, di mana rasio dusun berlistrik, dari jumlah 865 dusun yang ada masih terdapat 262 atau 30,29 persen dusun yang belum berlistrik, baik itu listrik PLN, maupun Non PLN seperti PLTS dan PLTMH, artinya rasio dusun berlistrik di Kababupaten saat ini sebesar 69,71 persen. Pada Tahun 2018 ditargetkan penambahan 25 dusun berlistrik dan dari target tersebut terealisasi 9 dusun atau 44,00 persen yang terdiri dari 7 dusun dengan listrik PLN dan 2 dusun dengan listrik Non PLN (PLTS). Sedangkan untuk tahun 2014-2019 ditargetkan penambahan 133 dusun berlistrik dan sampai 31 Desember 2018 telah terealisasi sebanyak 96 dusun atau 72,18 persen. Selanjutnya untuk pencapaian target dusun berlistrik sampai dengan Tahun 2018 sebesar 88,89 persen dari target 108 dusun. Berdasarkan rasio desa berlistrik di Kabupaten Sanggau per 31 Desember 2018 sebesar 81,60 persen, yang mana masih terdapat 30 desa atau 18,40 persen yang belum menikmati listrik dari 163 desa yang ada di Kabupaten Sanggau. Sedangkan ibu kota desa yang belum berlistrik sebanyak 34 atau 20,86 persen. Selanjutnya berdasarkan elektrifikasi (RE) merupakan salah satu indikator  pencapaian salah satu dari Seven Brand Images yaitu “Sanggau Terang”. Kondisi per 31 Desember 2018 RE Kabupaten Sanggau sebesar 72,41 persen, jumlah rumah tangga berlistrik sebanyak 81.250 artinya masih terdapat 30.951 atau 27,59 persen rumah tangga yang belum menikmati listrik dari jumlah 112.201 rumah tangga yang ada. Capaian pertumbuhan RE dari Tahun 2014 sampai dengan 21 Desember 2018 sebesar 38,95 persen, sehingga target RE di RPJMD Kabupaten Sanggau sampai dengan 2018 sebesar 72,05 persen dapat dicapai 100,50 persen, sehingga pada kesempatan audiensi ini kita bersama-sama untuk bisa menemukan solusinya, sehingga bisa terwujud masyarakat bisa menikmati listrik, kata Joko memaparkan.

    Sementara, Manajer UPP Pembangkit dan Jaringan Kalbar 2 UIP Kalimantan Bagian Barat PT.PLN dalam hal ini diwakili oleh Manajer Logistik mengatakan, sesuai dengan yang dicanangkan Pemerintah yakni perlu penguatan sistem listrik khatulistiwa, menyikapi hal tersebut bahwa program Pemerintah akan kami laksanakan dan berharap satu Kalimantan bisa terkoneksi aliran listrik. Perlu kami sampaikan bahwa SUTT ini diibaratkan sebuah batang sungai yang nanti akan mengalir kesungai-sungai yang lebih lebih kecil. adapun target kinerja kami yaitu melistrikan desa-desa atau dusun yang belum teraliri listrik, menyikapi hal tersebut maka pada kesempatan ini perlu saran dan masukan dari Pemerintah Daerah khususnya Pemerintah Kabupaten Sanggau untuk mewujudkan system kelistrikan Kabupaten Sanggau dapat terlaksana.

    Dalam kesempatan yang sama, Bupati Sanggau mengatakan, masyarakat Kabupaten Sanggau agar tidak mudah termakan isu hoax tentang Pemerintah, buktinya Pemerintah selama ini peduli dengan masyarakat, seperti halnya listrik ini. Sepatutnyalah kita berterima kasih kepada Pemerintah Pusat yang sudah berupaya mensejahterakan masyarakat dalam hal kelistrikan disetiap daerah, ujarnya.

    "Dalam membangun, saya juga perlu dukungan dan bantuan dari berbagai lembaga kemasyarakatan yang ada di Kabupaten Sanggau untuk bersama-sama mewujudkan Sanggau Terang, tentunya sesuai dengan peraturan yang berlaku," pintanya.

    Penulis : Hermansyah
    Editor   : Nikodemus Niko
    KOMENTAR