CONNECT WITH US
  • DWP Sanggau Gelar Kegiatan Kesehatan Gigi Anak PAUD/SD di Tanjung Merpati

    Bagikan:
    Kegiatan Kesehatan Gigi Anak PAUD/SD di Desa Tanjung Merpati

    Kembayan (Suara Sanggau) - Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Sanggau menggelar kegiatan Kesehatan Gigi Anak PAUD/SD di Desa Tanjung Merpati, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau, Selasa (12/3/2019) pagi.

    Kegiatan Kesehatan Gigi Anak PAUD/SD yang dilaksanakan di Gedung Angsadipa Desa Tanjung Merpati ini merupakan bagian dari sosialisasi Kecamatan Sayang Ibu (KSI) Tahun 2019 di Kecamatan Kembayan, yang dibuka oleh Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot pada tanggal 27 Februari 2019 lalu.


    Hadir pada acara ini, Ketua DWP Kabupaten Sanggau, Forkompimcam, PJ Promkes Puskesmas Kembayan, Bhayangkari Kembayan, Persatuan Istri Tentara (Persit) Kembayan, Dokter gigi, PKK, Kader PHBS serta 55 peserta dari PAUD Nurul Islam Kembayan dan TK Tunas Bangsa.

    Ny. Agnes Leysandri, S.Pd, Ketua DWP Kabupaten Sanggau dalam sambutannya menyampaikan, Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Rumah Tangga adalah upaya untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar sadar, mau dan mampu mempraktikkan PHBS.

    "PHBS dilakukan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya, mencegah resiko terjadinya penyakit dan melindungi diri dari ancaman penyakit serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu tatanan rumah tangga sehat dapat diwujudkan dengan perilaku sehat dan lingkungan sehat," terangnya.


    Pada acara kegiatan Kesehatan Gigi Anak PAUD/SD kali ini, diisi dengan kegiatan gosok gigi pada anak PAUD, dipandu oleh Ketua DWP dan Narasumber Materi oleh dokter gigi.

    Sebelum kegiatan pembukaan oleh Ketua DWP Kabupaten Sanggau, diadakan demo cuci tangan oleh kader PHBS berjumlah 10 orang dan diadakan juga kegiatan aktifitas fisik oleh kader PHBS Desa Tanjung Merpati.


    Murid TK dan PAUD yang mengikuti kegiatan sangat antusias menggunakan peralatan sikat gigi yang memang semuanya sudah disiapkan oleh panitia di Sanggau. Setelah kegiatan peserta dari TK dan PAUD tersebut mendapatkan souvenir berupa alat-alat sekolah. Sasaran peserta berjumlah 55 orang yang terdiri dari 30 orang berasal dari TK Tunas Bangsa, 25 orang dari TK Nurul Islam.

    Nurul Huda, SKM selaku Koordinator Promkes Puskesmas Kembayan pada kegiatan ini mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga kegiatan ini bisa berjalan sukses.

    "Persiapan pelaksanaan sudah seminggu, berawal dari koordinasi dari DWP dan Dinsos di Kantor Camat Kembayan pada tanggal 6 maret 2019 lalu. Saya merasa senang kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik dan sukses serta peserta begitu antusias mengikuti kegiatan ini," ungkapnya.

    Penulis : Nikodemus Niko
    KOMENTAR