CONNECT WITH US
  • Kepala BPN Dampingi Bupati Sanggau Serahkan Sertifikat Tanah Bagi Warga Desa Mandong

    Bagikan:
    Bupati Sanggau, Paolus Hadi saat menyerahkan sertifikat tanah program PTSL kepada warga di Mandong

    Tayan Hulu (Suara Sanggau) - Bertempat di Rumah Betang Apet Akap di Dusun Mandong, Desa Mandong, Kecamatan Tayan Hulu, Bupati Sanggau Paolus Hadi, Menyerahkan Sertifikat Hak Atas Tanah, Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun Anggaran 2018 yang diselengarakan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sanggau, Selasa (5/3).

    Meskipun hujan gerimis, tak menyurutkan masyarakat Desa Mandong menyambut kedatangan Bupati dan rombongan yang akan menyerahkan sertifikat.

    Diawali dengan ritual adat Dayak dan dilanjutkan dengan pancung buluh muda, oleh Bupati Sanggau, rombangan tersebut pun memasuki lokasi acara yang sudah disediakan.

    Bupati Sanggau, Paolus Hadi saat foto bersama pejabat lainnya dan warga penerima sertifikat

    Turut mendampingi Bupati Sanggau pada acara tersebut, Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, Dandim 1204 yang diwakili Kasdim 1204, Kakanwil BPN Provinsi Kalbar dalam hal ini diwakili Kabid Penataan  Sigit, Kepala BPN Sanggau Yuliana, SH, M.Eng, wakil Ketua DPRD Sanggau Usman, Forkompimda, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Camat Tayan Hulu Drs. Anselmus, Forkompimcam, Kades Mandong Andreas Dasim, Tokoh Masyarakat, Adat dan Agama.

    Camat Tayan Hulu Drs. Anselmus dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau serta  BPN Sanggau yang pada hari ini meyerahkan sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat Desa Mandong Kecamatan Tayan Hulu, di mana hal tersebut sudah lama dinanti-nantikan oleh masyarakat atas keinginan status hak atas tanahnya. 

    "Secara adat tanah memang milik mereka, akan tetapi secara hukum mereka juga mengharapkan sertifikat tersebut sebagai bukti hak atas tanah yang mereka miliki yang diakui oleh negara," ujarnya.

    Sementara itu Bupati Sanggau, dalam sambutannya mengatakan, tanah merupakan salah satu aset kita semua yang harus dapat kita kelola secara aman, tanpa adanya persengketaan yang mungkin aja terjadi.

    "Inilah salah satu fungsi dari Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang merupakan program nasional sebagai wujud pelaksanaan kewajiban pemerintah untuk menjamin kepastian dan perlindungan hukum atas kepemilikan tanah masyarakat," paparnya.

    Lebih lanjut dijelaskannya, penyerahan sertifikat tanah pada hari ini dapat membantu meningkatkan kesejahteraan para pemilik dan juga dapat mengurangi terjadinya konflik pertanahan di desa ini, karena telah mempunyai bukti kepemilikan tanah, sehingga mampu memanfaatkan aset tersebut dengan benar, ucapnya.

    Berikutnya penyerahan sertifikat hak atas tanah PTSL secara simbolis oleh Bupati Sanggau  didampingi oleh Kepala BPN Sanggau.

    Penulis : Hermansyah
    Editor   : Nikodemus Niko
    KOMENTAR