CONNECT WITH US
  • Promkes Kembayan Bekerjasama Dengan Team Promkes Dinkes Sanggau Launching Iklan Masyarakat serta Survei Rumah PHBS

    Bagikan:
    Survei lapangan ke rumah percontohan PHBS

    Kembayan (Suara Sanggau) - Usai acara pembukaan kegiatan penilaian PKK-KKBPK-Kesehatan Tahun 2018 dan Deklarasi Desa Open Defecation Free (ODF) di Desa Tanjung Merpati, Kecamatan Kembayan oleh Wakil Bupati Sanggau Drs Yohanes Ontot, M.Si., Senin (18/3/2019) pagi, bidang penanggung jawab PROMKES (Promosi kegiatan) melakukan launcing perdana siaran IKLAN MASYARAKAT oleh lintas program di Puskesmas Kembayan (yaitu PJ PROMKES, PJ GIZI, PJ KESLING), yang diperankan oleh Sirojudin, Susi Yuniarsih, Nurul Huda, Rohayani, Kosdami, Ali, Gevi, Maya, Rasidi, Io dan Azkia.

    Iklan masyarakat yang merupakan salah satu INOVASI 10 PESAN PHBS dari Promkes Puskemas Kembayan, Promkes Dinkes Sanggau dan kader PHBS Tanjung Merpati untuk menunjang kegiatan lomba PKK KB KES. 

    "Iklan Masyarakat ini akan ditampilkan di vidiotron Sanggau dan akan diputar pada ulang tahun Kota Sanggau. Iklan masyarakat ini juga akan disebarkan ke seluruh puskesmas di Kabupaten Sanggau untuk media promkes," papar Nurul Huda, SKM PJ PROMKES Puskesmas Kembayan kepada suarasanggau.co.id usai acara selesai.

    Kader PHBS mengikuti test wawancara administrasi

    Setelah memutar iklan masyarakat tersebut, Kader PHBS yang berjumlah 10 orang dari Desa Tanjung Merpati, para Kader PHBS berkumpul di ruang Sekretariat PHBS untuk melakukan test wawancara administrasi.

    Test wawancara PHBS

    "Rencana kegiatan dan dokumentasi kegiatan kader PHBS yang diuji Oleh Ibu Bertua Aritonang S.Sos dari Dinkes Provinsi Kalbar  dan Ibu Imelda Kuen, SKM, M,Si." lanjut Nurul.

    Ibu Abi Milka S.gz (posisi tengah) dari Dinsos
    bersama Satgas GSI

    Kegiatan wawancara kader PHBS tersebut didampingi oleh para pendamping dari Dinkes Sanggau, Pak Ali Musyafak SKM,  Fajar Agusryansyah, S.Kom,  Natalia Ines Geviana, A.Md.Keb,  Yuni Eka Friyanti, A.Md.Keb dan Nurul Huda, SKM PJ PROMKES Puskesmas Kembayan.

    Pada sesi wawancara, para Kader PHBS menjawab secara bergantian dan menunjukkan buku catatan kader. 

    Team Penilai lomba PKK KB KES

    Setelah serangkaian kegiatan di ruangan Sekretariat PHBS selesai, dilanjutkan kegiatan survei lapangan yakni ke rumah percontohan PHBS.

    Rumah warga yang dikunjungi secara acak oleh Tim ada tiga buah rumah penduduk di Dusun Kuala, Desa Tanjung Merpati, yakni rumah Ibu Reni, Ibu Eka dan rumah Ibu Evi.

    Disampaikan oleh Nurul Huda, SKM, untuk respon dari para pemilik rumah percontohan mereka welcome dan mempersiapkan semuanya dengan baik. Pemilihan rumah percontohan tersebut oleh kader PHBS dilakukan setelah pendataan dan direkap rumah tersebut sesuai dengan 10 pesan PHBS yaitu Kriteria untuk rumah percontohan yang dipilih yaitu:
    1. Persalinan ditolong oleh nakes
    2. ASI ekslusif 0 sampai 6 bulan
    3. Menimbang balita setiap bulan
    4. Mengunakan air bersih
    5. Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun
    6. Mengunakan jamban sehat
    7. Memberantas jentik dirumah sekali seminggu
    8. Makan buah dan sayur setiap hari
    9. Melakukan aktifitas fisik setiap hari
    10. Tidak merokok didalam rumah.

    Dan 10 pesan PHBS tersebut terdapat dirumah percontohan itu, terangnya.

    Pada kesempatan tersebut, Sirojudin Kades Tanjung Merpati menyampaikan, terkait pelaksanaan penilaian PKK KKBPK Kesehatan Tahun 2018 Tingkat Provinsi Kalbar di Desa Tanjung Merpati, Kecamatan Kembayan, ada tiga komitmen yang telah dideklarasikan oleh dua desa ODF (Open Defecation Free), yakni Desa Tanjung Merpati dan Desa Tunggal Bhakti, yaitu berkomitmen dan konsisten untuk: 
    1. Tidak Buang Air Besar (BAB) di sembarang tempat.
    2. Selalu menjaga kesehatan lingkungan.
    3. Senantiasa berprilaku hidup bersih dan sehat.

    "Serangkaian kegiatan yang kita lakukan ini merupakan cerminan adanya kesungguhan Tim Penggerak PKK membantu mewujudkan keluarga sejahtera dan memperkuat peran kelompok Dasa Wisma dalam pemberdayaan masyarakat," tuturnya.

    Lebih lanjut Sirojudin menyampaikan, tentunya untuk mewujudkan semuanya itu perlu dukungan berbagai pihak, baik pemerintah Kabupaten Sanggau, OPD/Dinas Instansi terkait, pihak swasta, peran serta pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta kesadaran berprilaku hidup sehat setiap pribadi dalam keluarga dan itu semua tidak terlepas dari dukungan moril maupun materil. 

    Di akhir kegiatan, Nurul Huda, SKM, PJ PROMKES Puskesmas Kembayan, bersyukur acara penilaian PKK KB KES ini sudah dilalui dengan baik. 

    "Terima kasih saya ucapkan pada semua pihak yang telah mensuport kegiatan PROMKES PHBS seperti yakni, Pak Camat, Ibu Camat, Kepala Puskesmas Kembayan, dari Dinkes Sanggau Pak Najori dan Team Promkes Kabupaten Sanggau Pak Ali Musyafak, Gevi, Yuni, Fajar dan Yusa. Para Koordinator Team yang lainnya juga, yakni tim lomba seperti Bu Susi Yuniarsih posyandu, Bu Rohayani Kesling dan Bu Rosida PKK. Terkhusus buat para kader PHBS binaan saya di Desa Tanjung Merpati. Terima kasih kerjasamanya semoga sukses untuk hasil kerja kerasnya selama ini," ungkapnya.

    Penulis : Nikodemus Niko
    KOMENTAR