CONNECT WITH US
  • Sosialisasi Kader PHBS Oleh GOW Se Kecamatan Kembayan Berlangsung Sukses

    Bagikan:

    Kembayan (Suara Sanggau) - Sosialisasi Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Sanggau dalam rangka Kecamatan Sayang Ibu (KSI) di Kecamatan Kembayan, yang dilaksanakan di Gedung Balai Pertemuan Martadipa Desa Tanjung Merpati sebagai Desa Sample berlangsung sukses, Rabu (13/3/2019).

    Kegiatan sosialisasi dengan Narasumber Ketua GOW Kabupaten Sanggau, Ny. Yohana Kusbariah Y. Ontot (Ibu Wakil Bupati Sanggau) beserta beberapa anggota GOW Sanggau ini dihadiri juga oleh Forkompimcam Kembayan, Kepala Desa Tanjung Merpati, Kepala Puskesmas Kembayan, Dinas Lintas Sektoral, PJ Promkes, dan perwakilan Kader PHBS sekecamatan Kembayan yang berjumlah 35 orang.

    Tanda tangan mendukung kegiatan Kader PHBS dan program PROMKES

    Dalam kegiatan ini, selain sosialisasi kader PHBS dan Promosi Kesehatan (Promkes), dilakukan juga tanda tangan komitment dengan lintas sektoral se Kecamatan Kembayan untuk mendukung kegiatan Kader PHBS dan program PROMKES.

    Ketua GOW Sanggau, Ny. Yohana Kusbariah Y. Ontot, menyampaikan, GOW memilih sosialisasi Kader PHBS karena perilaku hidup bersih itu salah satu yang mempengaruhi dalam derajat kesehatan.

    "Mengubah perilaku orang itu memang tidak gampang perlu keseriusan dan kerjakeras. Karena itu kader PHBS harus memahami perannya di masyarakat, yaitu peran dalam 10 indikator PHBS," pesannya.

    Dalam kesempatan tersebut juga, Camat Kembayan Drs. Inosensius Nono mengharapkan agar kader PHBS bisa memahami perannya dan semakin giat dalam memberi edukasi kepada masyarakat.

    Ketua GOW juga menyerahkan bantuan perlengkapan alat cuci tangan

    Selain pemberian materi tentang PHBS yang disampaikan oleh kedua narasumber yakni Ketua GOW Sanggau, Ny. Yohana Kusbariah Y. Ontot dan Ny. Eka Yakobus, A.Md.Kep, Ketua GOW juga menyerahkan bantuan perlengkapan alat cuci tangan.

    Di sela-sela penyampaian materi, diadakan juga games ataupun ujian, bagi kader PHBS  yang bisa memperagakan 7 langkah cara cuci tangan yang benar mendapat 50 ribu.

    Pada saat kegiatan para kader PHBS Desa Tanjung Merpati yang siap dilombakan, diuji oleh Ketua GOW

    Selanjutnya, setelah materi sosialisasi kader PHBS disampaikan, para Kader PHBS Tanjung Merpati beserta team Promkes Dinkes Kabupaten Sanggau juga turun ke lapangan mempraktekkan materi yang telah disampaikan narasumber, untuk memastikan persiapan rumah percontohan PHBS pada saat penilaian PKK KB KES.

    Kegiatan Kader PHBS di lapangan

    Di akhir acara Ny. Yohana Kusbariah Y. Ontot mengatakan, GOW mengapresiasi  kegiatan PKK, KB Kes dan KSU.

    "Kami sangat mengapresiasi atas suksesnya pelaksanaan kegiatan ini, kita sama-sama mendukung program pemerintah dengan visi misinya, salah satunya ialah Seven Brand Image, yang berkaitan dengan kesehatan, peduli pada kesehatan ibu dan anak, juga menerapkan pola hidup sehat dan bersih," ucapnya.

    Nurul Huda, SKM selaku Koordinator Promkes Puskesmas Kembayan dan panitia kegiatan, usai kegiatan menyampaikan kepada suarasanggau.co.id, setelah sosialisasi kader PHBS yang kegiatannya diikuti oleh seluruh perwakilan kader desa sekecamatan Kembayan, Program Kembayan sehat akan tercapai. 

    "Saya harapkan kerjasama dan kekompakan para kader PHBS dalam satu team. Terlebih khusus kader PHBS Tanjung Merpati, saya ucapkan terima kasih atas kerjasamanya dan semangat untuk mengikuti lomba PKK KB KES pada tanggal 18 Maret 2019 mendatang. Semoga kita sukses dan menang sampai ke tingkat provinsi. Banyak hal dan proses yang telah kita lalui untuk sampai finish apapun hasilnya nanti, itulah yang terbaik. Kita sudah usaha maksimal," ungkapnya.

    Penulis : Nikodemus Niko
    KOMENTAR