CONNECT WITH US
  • TMMD - Lestarikan Lingkungan, Guna Mencegah Banjir

    Bagikan:
    Sosialisasi Pelestarian Lingkungan Hidup di Rumah Adat Romin Bunuo, Desa Sebongkuh

    Kembayan (Suara Sanggau) - Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Regtas ke-104 Kodim 1204/Sanggau di wilayah Kecamatan Kembayan selain melaksanakan sasaran fisik  juga sasaran non fisik. Salah satu sasaran non fisik yang dilaksanakan pada Jum'at (22/3/2019) di Rumah Adat Romin Bunuo Jalan Merowi Dusun Sebungkuh, Desa Sebongkuh, Kecamatan Kembayan, bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau yaitu Sosialisasi Pelestarian Lingkungan Hidup yang disampaikan oleh Kabid Lingkungan Hidup Kab.Sanggau, Nazmi Yahya.

    Hadir dalam kegiatan tersebut Danramil 04/Kembayan Kapten Inf Warsidi, Camat Kembayan Drs. Inosensius Nono, Kepala Desa dan tokoh masyarakat serta tokoh adat.

    Menurut Kabid Lingkungan Hidup Sanggau, terjadinya Bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan kebakaran hutan bukan terjadi begitu saja. Bencana ini terjadi karena kurangnya daerah resapan air akibat penggundulan hutan dan alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian dan bangunan.
    Untuk melestarikan lingkungan di antaranya kita menjalankan progam penanaman pohon agar manfaat penanaman tersebut juga dapat dirasakan oleh anak cucu nantinya.

    Nazmi Yahya berpesan kepada masyarakat, hendaknya mengurangi pencemaran udara melalui pembakaran lahan, sebab dampak pencemaran udara sangat tidak baik bagi pernapasan dan bisa menimbulkan penyakit.

    Dengan Sosialisasi Lingkungan Hidup ini diharapkan masyarakat dapat lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan sekitar terutama mengurangi cara penanaman padi dengan lahan dibakar.

    Salah seorang warga Dusun Sebungkuh, Guntur mengatakan sangat mengapresiasi Sosialisasi yang diadakan oleh TNI, karena kegiatan sosialisasi seperti ini sangatlah bermanfaat bagi kami, pasalnya dengan kami mendapatkan pengetahuan dari materi yang disampaikan terutama cara melestarikan lingkungan disekitar tempat tinggal kita ujarnya.

    Penulis : Hermansyah
    Editor   : Nikodemus Niko
    KOMENTAR