CONNECT WITH US
  • Yohanes Ontot Buka Kegiatan Penilaian PKK KB Kes Tahun 2019 di Tanjung Merpati

    Bagikan:
    Dalam Kegiatan Penilaian PKK KKBPK Kes Tahun 2019 di Desa Tanjung Merpati, Wakil Bupati Sanggau Drs Yohanes Ontot, M.Si., menyerahkan bantuan operasional Satgas Kecamatan Sayang Ibu (KSI) 

    Kembayan (Suara Sanggau) - Penilaian PKK-KKBPK-Kesehatan Tahun 2018 dan Deklarasi Desa Open Defecation Free (ODF) di Desa Tanjung Merpati, Kecamatan Kembayan dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sanggau Drs Yohanes Ontot, M.Si., Senin (18/3/2019).

    Hadir juga dalam acara tersebut, Forkompinda Kabupaten Sanggau/Kapolres dan Dandim 1204 beserta Ketua Bhayangkari dan Ketua Persit, Kepala Pengadilan dan Kejaksaan, Anggota DPRD Kab. Sanggau, Ketua Tim Penilai PKK KKBPK Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Ibu. Merry, Ketua Pokja IV PKK Provinsi dan tim PKK Provinsi Bu Levi dan bu Anita, Bp Tanto dari BKKBN Provinsi KaJBar, serta ibu Bertua Aritonang dan Ibu Nursiah dari Dinkes Provinsi, Kepala Dinas dan Kantor di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Sanggau, Ketua TP.PKK Kab. Sanggau, Ketua GOW Kab. Sanggau / Ketua PMI Kab.Sanggau, Ketua DWP Kab. Sanggau, Camat dan Ketua TP. PKK seKabupaten Sanggau, Pimpinan Bank / CU yang bergerak di bidang usaha BUMN dan Swasta Lainnya, Kepala Desa Se-Kec Kembayan beserta jajarannya, Ketua TP.PKK Desa, khusus Kepala Desa Tanjung Merpati dan Ketua PKK Desa selaku tuan rumah penilaian PKK KKBPK Kesehatan Th. 2018 yang dilaksanakan di tahun 2019, Anak Gendre, Kader Posyandu, Kader Kesling, KB, BKB Holistik dan Integratif, Kader PHBS Dua Desa (Desa Tungal Bhakti dan Tajung Merpati), Kelompok-kelompok Dasawisma Desa Tanjung Merpati, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pemuda dan Organisasi lainnya.


    Ekspos Pelayanan PKK Tahun 2018 oleh Ibu Rosida, Kader Tim Pengerak PKK Tanjung Merpati Kembayan memaparkan pelaksanaan Pemberdayaan Kesehatan Keluarga yang telah dilakukan di Desa Tanjung Merpati. Dalam paparannya tersebut menjelaskan pentingnya Gerakan Keluarga dan Masyarakat dalam menjalankan PHBS.

    Sirojudin Kades Tanjung Merpati menerima bantuan operasional Satgas Kecamatan Sayang Ibu (KSI)

    Sirojudin Kades Tanjung Merpati dalam pengantarnya mengucapkan terima kasih kepada Pemda Sanggau atas kepercayaannya sehingga Desa Tanjung Merpati dicanangkan (Tanggal 31 Oktober 2018 oleh Bupati Sanggau) sebagai desa dengan lingkungan bersih dan sehat, Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta Bebas Buang Air Bersih Sembarangan (BABS).

    "Dengan adanya kegiatan lomba PKK KKBPK Kesehatan ini merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan program-program dan kegiatan yang telah dilakukan, serta mengevaluasi berbagai langkah inovatif, baik secara administrasi maupun implementasi atas kegiatan-kegiatan yang telah kami lakukan selama ini," ucapnya.

    Camat Kembayan, Drs. Inosensius Nono dalam sambutannya mengingatkan agar Perangkat pemerintahan di desa masing-masing untuk memajukan desa dan menyukseskan program pemerintah harus mempunyai semangat untuk melakukan inovasi kreatif sehingga bisa mengembangkan potensi-potensi yang ada di masyarakat. 

    "Pada kesempatan ini pihak Pemerintahan Kecamatan juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintahan Desa Tanjung Merpati serta masyarakat yang telah melakukan perubahan dan peningkatan PHBS, sehingga kepercayaan pemerintah yang telah memilih Desa Tanjung Merpati sebagai tuan rumah pelaksana kegiatan bisa terlaksana dan kami juga mendorong Desa Tanjung Merpati untuk bisa menjadi Desa Mandiri," ungkapnya.

    Ketua Tim Penilaian PKK KKBPK Kes Tingkat Provinsi Kalimantan Barat, Ibu Mery menyampaikan, ada empat jenis lomba yang dilaksanakan yakni Lomba Posyandu, PHBS, KB serta Lingkungan Bersih dan Sehat. Ini semua menjadi penilaian yang nantinya juga dilaksanakan pada tingkat provinsi, oleh karena itu tugas PKK salah satunya mengembangkan Kelompok Dasa Wisma dan 10 program pokok PKK harus dilaksanakan," pesannya.

    Secara resmi, pada acara pembukaan  oleh Wakil Bupati Sanggau, Drs Yohanes Ontot, M.Si., juga menyampaikan, Desa Tanjung Merpati ditentukan sebagai pemenang untuk mengikuti lomba di tingkat provinsi, oleh karena itu untuk lomba kita berharap Desa Tanjung Merpati bisa jadi pemenang, harapnya.

    Selain itu juga Wakil Bupati Sanggau menyampaikan, Peringatan Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-403 Kota Sanggau dilaksanakan pada tanggal 2-6 April 2019 di lokasi Sabang Merah. 

    Deklarasi ODF (Open Defecation Free) Desa Tanjung Merpati dan Desa Tunggal Bhakti

    Usai acara pembukaan, selanjutnya dilakukan penandatanganan Deklarasi ODF, pembagian hadiah lomba-lomba dalam rangka pembinaan dan peran serta di kegiatan PKK KKBPK Kesehatan, serta bantuan operasional Satgas Kecamatan Sayang Ibu (KSI) dari instansi terkait. 

    Peserta Lokakarya Kemanan Konsumsi Pangan, Ibu Fitri Wulansari.

    Lomba Cipta Menu B2SA, Ibu Sri Yuniarti, Ibu Eva Sumarni, Ibu Susanti Yusuf.

    Lomba Optimalisasi Pemanfaatan Pekarangan, Ibu Siti Asnah, Ibu Asia Purnamasari, Ibu Siti Regina Silin.

    Bantuan Satgas KSI diberikan kepada, Camat Kembayan, Kepala Puskesmas dan Kepala Desa Tanjung Merpati.

    Panen tanaman hidroponik di Desa Tanjung Merpati

    Sebelum acara makan bersama, dilakukan panen tanaman hidroponik. Dan diakhir dilakukan penyerahan bantuan bibit lada dari Dinas Perkebunan dan Peternakan, sebagai tanaman rempah kepada Satgas Kecamatan Sayang Ibu. 

    Penulis : Nikodemus Niko
    KOMENTAR